13 Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Tiru

Apakah kamu sedang ingin melamar kerja ke perusahaan multinasional? Jika iya, kamu harus bisa membuat CV alias daftar riwayat hidup bahasa Inggris yang bagus. Tapi tak perlu khawatir, karena kami akan tunjukkan beberapa contoh CV bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan pedoman.

Jenis CV yang kami tampilkan pun bervariasi, mulai dari CV pelajar hingga profesional dari berbagai industri. Penasaran, kan? Yuk simak sampai akhir!

Apa Saja Isi CV Bahasa Inggris yang Benar?

Eits, sebelum melihat berbagai contoh CV bahasa Inggris, tentunya kamu harus tahu dulu format CV dalam bahasa Inggris yang tepat. 

Berikut adalah beberapa komponen yang harus ada di dalam CV bahasa Inggris-mu:

1. Personal Details

Sebagai perkenalan, kamu harus menampilkan dulu data pribadi seperti nama, alamat, usia, nomor HP, alamat email, dan juga link menuju profil LinkedIn-mu.

Akan lebih bagus lagi, kalau kamu juga bisa tambahkan link ke portofolio yang kamu punya. Bisa dalam bentuk deck atau PPT, Figma, atau website.

2. Job Experiences

Selanjutnya, kamu harus menjelaskan latar belakang pekerjaanmu. Jadi, isilah bagian ini dengan daftar pengalaman kerja yang pernah kamu lalui. Lengkapi dengan job desc di setiap pengalamannya dan pencapaian yang kamu banggakan..

3. Skills

Bisa dibilang ini adalah bagian yang paling krusial, sebab tim HR akan sangat memperhatikan daftar skill yang kamu kuasai. Jika skillmu cocok dengan posisi yang ditawarkan, kemungkinan untuk lanjut ke tahap berikutnya pasti akan lebih besar.

4. Educational Background

Jelaskan di mana kamu terakhir menimba ilmu, contohnya seperti Universitas atau SMA. Jangan lupa untuk menuliskan jurusan, spesialisasi, serta total IPK yang kamu raih.

Kalau kamu mengikuti program pendidikan informal, seperti bootcamp data analyst atau sejenisnya, jangan lupa untuk cantumkan juga di CV. Bisa jadi, ini akan jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi kalau kamu adalah seorang career switcher.

5. Certificates

Apakah kamu pernah mengikuti pelatihan, kursus, atau seminar khusus? Jika iya, kemungkinan kamu pasti mendapatkan sertifikat. Nah, adanya sertifikat di CV bahasa Inggris yang kamu buat tentunya dapat memberi poin plus di mata tim HR.

Seluruh komponen di atas memang terlihat sama persis dengan struktur CV berbahasa Indonesia. Tapi percayalah, semuanya memiliki peranan penting untuk membuat CV-mu lebih lengkap dan juga menarik.

10 Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Tiru

Oke, walaupun kamu sudah tahu struktur CV Inggris yang baik dan benar, tentu kamu masih perlu gambaran contoh CV bahasa Inggris yang menarik, kan? Tanpa perlu berlama-lama berikut daftarnya!

1. Contoh CV Bahasa Inggris Anak SMA

contoh cv bahasa inggris anak sma
sumber: resume.io

Seperti yang kamu lihat, CV bahasa Inggris untuk anak SMA isinya cukup sederhana, meliputi latar belakang pendidikan, kegiatan ekstrakurikuler, hingga skill dan hobi.

Bagian paling penting pada contoh ini adalah kegiatan ekstrakurikuler. Sebab, tak banyak anak SMA yang sudah memiliki pengalaman kerja, sehingga kegiatan tersebut bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Pastikan kamu menuliskan peran serta tanggung jawabmu di setiap kegiatan ekstrakurikuler yang kamu ikuti. Dengan begitu, CV bahasa Inggrismu akan terlihat lebih “berisi” dan kemampuanmu juga akan terlihat lebih jelas.

2. Contoh CV Bahasa Inggris untuk Magang/Fresh Graduate

contoh cv bahasa inggris fresh graduate
sumber: resume.io

Sama seperti contoh CV bahasa Inggris anak SMA, contoh CV fresh graduate juga mungkin belum banyak yang bisa ditampilkan. Sebab, umumnya fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja.

Walau begitu, kamu masih bisa memasukkan bagian lain seperti pengalaman magang atau pendidikan non formal (seperti seminar, workshop, dan lain sebagainya). Lebih bagus lagi jika kamu sudah punya pengalaman kerja seperti yang ditampilkan pada contoh di atas.

Yang tak kalah penting adalah bagian skill. Sebab, kamu harus bisa menyampaikan keahlianmu dalam bahasa Inggris. Jelaskan apa saja skill yang relevan dengan bidangmu serta posisi yang sedang kamu lamar.

3. Contoh CV Bahasa Inggris Teknisi

contoh cv bahasa inggris teknisi
sumber: resume.io

CV bahasa Inggris untuk teknisi sebetulnya sama seperti CV pada umumnya. Tapi, hal terpenting yang perlu kamu perhatikan pada contoh di atas ada di bagian overview.

Di bagian tersebut, ada beberapa poin yang menjelaskan skill dasar si pemilik CV, seperti “A proven track record of identifying performance issues and making updates to achieve optimal performance”.

Jadi, selain menjelaskan kemampuanmu di bagian latar belakang pekerjaan dan skill, pastikan kamu merangkumnya juga secara menarik di bagian overview.

4. Contoh CV Bahasa Inggris Insinyur

contoh cv bahasa inggris insinyur
sumber: resume.io

Saat membuat CV bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan di bidang teknik sipil, sebaiknya kamu menyoroti berbagai skill dan pengalamanmu dalam mengerjakan proyek.

Seperti contoh CV English di atas, pemiliknya menuliskan berbagai pengalamannya saat menggarap proyek-proyek di pekerjaannya sebelumnya. Hal ini tentu dapat membantu tim HR dalam memahami skill yang dimiliki si pemilik CV-nya.

5. Contoh CV Bahasa Inggris Kasir

contoh cv bahasa inggris kasir
sumber: resume.io

Saat membuat CV bahasa Inggris untuk melamar sebagai seorang kasir, kamu harus menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tertarik untuk bekerja di bidang service, dan punya skill yang cocok untuk bekerja di bidang tersebut.

Seperti yang kamu lihat pada contoh  CV di atas, bagian overview menerangkan bahwa si pemilik CV memiliki skill, attitude, dan juga pengalaman yang cocok untuk bekerja sebagai seorang kasir.

Selain itu, di bawahnya pun dia menampilkan riwayat pekerjaan sebagai seorang kasir dan juga berbagai job desc yang pernah ia kerjakan.

Baca juga: Jawaban Terbaik Alasan Melamar Pekerjaan Saat Interview

6. Contoh CV Bahasa Inggris Manajer Toko

contoh cv bahasa inggris manajer toko
sumber: resume.io

Sama seperti contoh CV bahasa Inggris sebelumnya, kamu juga perlu menjelaskan skill dan pengalamanmu di bagian Overview. Nah, jika kamu ingin melamar sebagai seorang manajer toko, sebaiknya kamu tidak hanya menuliskan skill teknis, tapi juga skill kepemimpinan.

Selain itu, sebagai seorang manajer toko, kamu juga harus punya skill set yang bervariasi. Seperti pada contoh di atas, kamu bisa menampilkan skill merchandising, leadership, hingga project management.

7. Contoh CV Bahasa Inggris Pengacara

contoh cv bahasa inggris pengacara
sumber: resume.io

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seorang pengacara, punya ijazah sarjana hukum saja belum cukup lho. Kamu juga harus bisa mempresentasikan dirimu sebagai seorang yang memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni di bidang ini.

Contohnya, pada CV di atas, si pemilik CV secara gamblang menjelaskan bahwa dirinya sudah berpengalaman dalam melakukan review dokumen pra pengadilan, serta melakukan presentasi kasus di pengadilan. 

Bagaimana jika kamu belum pernah bekerja sebagai pengacara sebelumnya? Kamu bisa memasukkan pengalamanmu saat magang atau terlibat dalam suatu aktivitas di lembaga hukum. 

Baca juga: Fasilitas Kerja yang Diharapkan Selain Gaji? Ini 10+ Jawabannya!

8. Contoh CV Bahasa Inggris Admin

contoh cv bahasa inggris admin
sumber: resume.io

Admin adalah profesi yang membutuhkan ketelitian, analisis,  dan juga skill komunikasi yang bagus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memasukkan skill-skill tersebut ke CV dalam bahasa Inggris yang kamu buat.

Contohnya, pemilik CV di atas menampilkan berbagai skill yang relevan dengan bidang kerja administrasi, seperti inventory control, scheduling, event planning, hingga editing.  Dengan skill set tersebut, tentunya si pemilik CV jadi terlihat semakin kompeten di bidangnya.

Kamu juga perlu melakukan hal yang sama, tentunya dengan catatan bahwa kamu sudah menguasai seluruh skill tersebut. Sehingga, kamu tidak akan bingung saat masuk ke tahap interview.

9. Contoh CV Bahasa Inggris Agen Customer Service

contoh cv bahasa inggris agen customer service
sumber: resume.io

Jika kamu ingin melamar sebagai seorang agen customer service, tentunya akan jadi poin plus apabila kamu memasukkan skill empati dan juga problem solving ke dalam CV-mu.

Lalu, seperti pada contoh CV bahasa Inggris di atas, kamu juga harus menjelaskan bahwa kamu punya skill komunikasi yang bagus. Sehingga, kamu siap untuk menjadi garda terdepan dalam melayani dan menanggapi segala pertanyaan konsumen.

Baca juga: 25+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

10. Contoh CV Bahasa Inggris Junior HR

contoh cv bahasa inggris junior hr
sumber: resume.io

Apakah kamu seorang fresh graduate yang baru mau mulai berkarir di bidang HR? Jika iya, kamu bisa menjadikan contoh CV bahasa Inggris di atas sebagai referensi.

Seperti yang kamu lihat, si pemilik CV tidak hanya menampilkan pengalamannya di bidang HR, tapi juga pengalamannya dalam mengelola komunitas. Hal ini tentu akan menjadi nilai lebih, karena anggota tim HR harus memiliki skill dalam mengelola individu di suatu grup.

11. Contoh CV Bahasa Inggris Digital Marketer

contoh cv bahasa inggris digital marketer
sumber: resume.io

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketer? Jika iya, kamu bisa meniru contoh CV di atas. Meskipun isinya menunjukkan CV dari seorang digital marketer yang berpengalaman, ada beberapa bagian yang bisa diterapkan di CV fresh graduate juga kok

Contohnya, di bagian “Profile”, si pemilik CV menyebutkan bahwa ia punya keahlian dalam membangun strategi digital marketing. Tidak hanya itu, dia juga ikut menyebutkan beberapa skill tambahan yang bisa berguna di ranah digital marketing, seperti web strategy dan digital engagement.

Lalu, skill-skill teknis yang dituliskan pun merupakan skill yang relevan di bidang digital marketing, seperti SEO, Content Marketing, dan juga Analytics.

12. Contoh CV Bahasa Inggris Data Analyst

contoh cv bahasa inggris data analyst
sumber: resume.io

Selain bisa mempresentasikan data dengan baik, seorang data analyst juga harus bisa mempresentasikan skill mereka dengan baik di CV. Jika tidak, tim HR akan kesulitan untuk mengetahui apakah skill kandidatnya sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Itulah mengapa pada contoh CV bahasa Inggris di atas, si pemilik CV menjelaskan skillnya dengan cukup detail. Mulai dari mengidentifikasi masalah di aliran data, mengelola data, hingga membuat laporan penting terkait data perusahaan.

Baca juga: Tertarik Menjadi Data Analyst? Baca Ini!

13. Contoh CV Bahasa Inggris Web Developer

contoh cv bahasa inggris web developer
sumber: resume.io

Bagi kamu yang ingin melamar jadi web developer, contoh CV bahasa Inggris di atas dapat memberikan gambaran tentang apa saja yang bisa kamu tulis di dalam CV yang akan dikirim.

Pastikan kamu mencantumkan skill yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Karena, web developer punya cabang yang berbeda-beda, mulai dari front-end developer, back-end developer, hingga full-stack developer.

3 Tips Membuat CV Bahasa Inggris yang Unggul

Oke, sekarang kamu sudah melihat berbagai contoh CV bahasa Inggris yang bisa kamu tiru. Tapi, sebetulnya gimana sih cara membuat CV bahasa Inggris yang menarik?

Nah, tiga tips di bawah bisa membantumu membuat CV berbahasa Inggris yang ga cuma menarik, tapi juga bernilai di mata HRD. Berikut daftarnya!

1. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Kamu Incar

Sebelum membuat CV-nya, pastikan kamu tentukan dulu tujuannya. Ke manakah kamu akan mengirim CV-nya? Lalu, posisi apakah yang akan kamu lamar?

Dengan menentukan tujuan di awal, kamu tidak akan memberikan informasi yang salah. Contohnya, jika tujuanmu adalah untuk melamar pekerjaan di posisi agen customer service, tentu kamu harus mengisi CV-nya dengan skill dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengirim CV yang sama untuk semua lamaran pekerjaan. Karena, isi CV yang tidak relevan akan memberikan kesan negatif ke tim HR.

2. Utamakan Informasi yang Penting

CV-nya lebih mudah dipahami akan menjadi poin plus tersendiri bagi tim HR. Maka dari itu, kamu perlu mengutamakan informasi yang penting dulu di dalam CV-nya.

Nah, sebelum menyusun struktur CV, kamu harus berpikir dulu, kira-kira informasi apa yang paling dibutuhkan tim HR ketika membaca CV-nya? 

Jawabannya tentu adalah skill dan pengalaman terlebih dahulu. Karena apapun isi CV-nya, tentu tidak akan berpengaruh kalau skill dan pengalamannya sudah tidak relevan dengan posisinya. 

Jadi, kamu harus menempatkan info tentang skill dan pengalaman kerja di bagian awal CV. Dengan begitu, tim HR bisa langsung tahu bahwa kamu adalah kandidat yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

3. Pastikan Struktur CV-nya Mudah Dimengerti

Struktur CV bahasa Inggris yang kamu buat juga harus jelas. Contohnya, kamu harus menuliskan namamu dengan font size yang besar di bagian teratas CV, lalu diikuti dengan informasi utama seperti overview, skill, dan latar belakang pekerjaan.

Selain itu, saat menuliskan latar belakang pekerjaan dan pendidikan, pastikan kamu menulisnya dalam urutan kronologis. Artinya, kamu harus mencantumkan riwayat pekerjaan atau pendidikan mulai dari yang terbaru hingga yang terlama.

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menambahkan berbagai segmen yang dapat membantu tim HR untuk mengenal dirimu lebih dalam, seperti pengalaman organisasi, pendidikan non formal, dan sejenisnya.

Sudah Siap Membuat CV Bahasa Inggris yang Menarik?

Dari berbagai contoh CV bahasa Inggris di atas, manakah yang paling menginspirasimu? Semoga dengan melihat contoh di atas, kamu jadi semakin paham cara membuat CV bahasa Inggris yang tepat ya!

Tapi, membuat CV yang menarik hanya salah satu dari sekian banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat diterima kerja. Tentunya hal yang tak kalah penting adalah melengkapi isi CV-mu, contohnya seperti sertifikat kursus persiapan kerja.

Nantikan kelas dari Bitlabs, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara membuat CV menarik

12 Cara Membuat CV yang Menarik HRD agar Cepat Direkrut

10+ Berkas Lamaran Kerja Paling Penting untuk Job Seeker