contoh cv fresh graduate

10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang baru lulus, pasti kamu ingin tahu contoh CV fresh graduate yang tepat, kan? Dengan begitu, kamu bisa membuat CV yang menarik dan kesempatanmu untuk terjun ke dunia kerja pun semakin terbuka lebar.

Oleh karena itu, di artikel ini kami telah menyiapkan beberapa contoh CV yang cocok untuk fresh graduate dari berbagai industri. Tidak hanya itu, kami juga akan menjelaskan beberapa tips khusus untuk membuatnya.

Penasaran, kan? Yuk simak selengkapnya!

7 Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Sebelum melihat berbagai contoh CV fresh graduate, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat CV yang bagus sebagai fresh graduate:

1. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Dilamar

Kamu perlu meluangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Kamudian, kamu bisa menyesuaikan isi CV-nya dengan berbagai persyaratan yang ditentukan oleh perusahaannya.

Contohnya seperti menuliskan skill tertentu atau pengalaman tertentu yang dijadikan syarat di lowongan kerjanya. Dengan begitu, tim HR bisa segera mengetahui skill yang kamu miliki sekaligus menentukan apakah kamu kandidat yang cocok dengan posisinya atau tidak.

2. Gunakan Format CV yang Profesional

Format CV yang rapi dan mudah dibaca akan memudahkan tim HR untuk mengidentifikasi skill dan pengalaman yang kamu miliki. Jadi, mereka bisa paham apakah isi CV-nya relevan dengan posisi yang dilamar atau tidak.

Lalu, format CV yang rapi itu seperti apa? Berikut adalah beberapa kriterianya: Memiliki layout yang rapi, menampilkan heading dan subheading yang jelas, dan menggunakan font yang mudah dibaca. 

Selain itu, pastikan panjang CV-nya tidak lebih dari 2 halaman. Sebab, informasi yang singkat dan padat akan membantu tim HR untuk fokus pada informasi yang penting.

3. Buatlah Ringkasan di Awal CV

Sebuah ringkasan (summary) adalah paragraf yang letaknya ada di bagian atas CV. Isinya adalah rangkuman tentang skill dan pengalaman yang dimiliki kandidat.

Saat membuat ringkasan, pastikan isinya sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Tidak hanya itu, ringkasan yang kamu buat pun harus bisa menarik perhatian tim HR. Karena, ini adalah bagian yang pertama kali mereka baca di CV-mu.

Idealnya, sebuah ringkasan tidak lebih dari 2 atau tiga baris, dan isinya harus bisa meringkas dengan baik skill, pengalaman, dan preferensi karir yang relevan dengan posisi yang dilamar.

4. Berikan Latar Belakang Pendidikan yang Relevan

Sebagai fresh graduate, latar belakang pendidikan akan menjadi bagian paling menonjol di CV-mu. Oleh karena itu, pastikan kamu memasukkan detail jurusan, mata kuliah, hingga proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan semasa kuliah.

Apabila kamu baru lulus SMA, maka yang bisa kamu masukkan adalah jurusan, tanggal kelulusan, dan kegiatan organisasi selama kamu masih sekolah.

Oh ya, jika kamu ingin menambah nilai plus di CV-nya, kamu harus memastikan bahwa setiap proyek, mata kuliah, atau jurusan yang kamu cantumkan masih relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Tampilkan Pengalaman Ekstrakurikuler

Walaupun kamu belum pernah punya pengalaman kerja, kamu masih bisa mencantumkan pengalaman saat magang, menjalankan kegiatan sosial, atau melakukan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Contohnya seperti mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) tertentu, menjalankan kegiatan organisasi di Himpunan Mahasiswa, atau menjadi panitia di kegiatan bazar kampus.

Ketika kamu memasukkan pengalaman-pengalaman tersebut ke dalam CV, kamu bisa menyorot beberapa aspek penting yang dapat membuatmu terlihat lebih “menjual”. Contohnya seperti aspek kepemimpinan, kerjasama, atau skill problem solving yang kamu miliki.

6. Gunakan Kata Kerja

Pastikan kamu menggunakan kata kerja saat menjelaskan tentang skill atau pencapaian yang kamu miliki. Contohnya seperti “Membuat”, “Mengembangkan”, atau “Mengelola”.

Selain itu, kamu juga bisa melanjutkannya dengan penjelasan yang lebih detail. Misal seperti budget proyek yang kamu kembangkan, atau jumlah anggota divisi atau organisasi yang kamu kelola.

Dengan cara ini, tim HR akan lebih mudah untuk memahami dampak yang kamu berikan di setiap proyek dan kegiatan yang pernah kamu jalankan.

7. Periksa Ulang Sebelum Mengirim CV-nya

Sebelum mengirim CV-nya, pastikan kamu membaca ulang isinya untuk memastikan bahwa tidak ada informasi yang salah di dalamnya. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mengecek isi CV-nya.

Dengan begitu kamu bisa benar-benar yakin bahwa CV-nya bebas dari typo dan mudah untuk dimengerti. 

Selain itu, akan lebih bagus lagi jika kamu mendapat bantuan dari orang yang berada di bidang yang sama denganmu. Sehingga, mereka bisa ikut mengecek apakah skill dan pengalaman yang kamu cantumkan sudah relevan dengan posisinya atau belum.

Baca juga: Contoh CV Bahasa Inggris

10 Contoh CV Fresh Graduate yang Menarik

Nah, walaupun kamu sudah tahu cara membuat CV yang menarik untuk fresh graduate yang baik, tentu kamu ingin tahu contohnya, kan? Berikut adalah berbagai contoh CV lamaran kerja fresh graduate untuk berbagai posisi:

1. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Digital Marketing

contoh cv fresh graduate untuk posisi digital marketer
sumber:beamjobs.com

Pada contoh ini, pemilik CV memposisikan dirinya sebagai sebagai digital marketer dengan cukup baik. Dimulai dari ringkasan yang menjelaskan bahwa dirinya adalah pribadi yang passionate dengan bidang marketing dan analytics, lalu dilanjut dengan penjelasan latar belakang magang yang cukup relevan dengan posisi digital marketer.

Tidak hanya itu, ia juga menuliskan berbagai mata kuliah dan skill yang sangat esensial untuk posisi digital marketer, contohnya seperti “Marketing Research”, “Consumer Behavior”, dan “A/B testing”.

Meskipun belum ada pengalaman kerja, tapi proyek yang pernah ia kerjakan menunjukkan bahwa ia sudah berpengalaman dalam menjalankan beberapa metode pemasaran digital, contohnya seperti SEO dan email marketing.

2. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Data Analyst

contoh cv fresh graduate untuk posisi data analyst
sumber:beamjobs.com

Dari contoh ini, kita bisa belajar bahwa ringkasan yang sesuai dengan posisi yang dilamar dapat memberi kesan yang bagus. Terlihat bahwa pada ringkasannya, pemilik CV menulis “Siap berkontribusi untuk mengembangkan proses dan konversi data di Vizance”.

Selain terkesan lebih personal, cara ini juga dapat memudahkan tim HR untuk mengetahui dampak yang akan kamu berikan pada perusahaan yang dilamar. Hal ini juga didukung dengan deretan skill dan pengalaman magang yang dicantumkan.

Bagian proyeknya juga membuat pemilik CV ini terlihat lebih mumpuni sebagai data analyst. Terlebih lagi, di setiap proyeknya ada penjelasan tentang proses yang dilakukan dan hasil yang didapat dari proyeknya.

Baca juga: Tertarik Menjadi Data Analyst? Baca Ini!

3. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Graphic Designer

contoh cv fresh graduate untuk posisi graphic designer
sumber:beamjobs.com

Di dalam CV fresh graduate, bagian yang terpenting selain latar belakang pendidikan adalah magang. Contohnya pada CV desainer grafis yang satu ini. Dalam rentang waktu yang cukup singkat, ia sudah bisa magang sebagai desainer di dua perusahaan yang berbeda.

Oleh karena itu, jika saat ini kamu masih di bangku kuliah, pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menambah pengalaman melalui magang. Karena, aktivitas yang satu ini akan membuat CV-mu terlihat jauh lebih menjual.

Hal lain yang bisa dipelajari dari CV di atas adalah bagian proyeknya. Di salah satu proyek, disebutkan bahwa si kandidat punya pengalaman dalam mendesain website. Walaupun ini bukan skill utama yang dibutuhkan, tapi tentunya dapat memberikan nilai plus di mata tim HR.

4. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Web Developer

contoh cv fresh graduate untuk posisi web developer
sumber:beamjobs.com

Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang web developer adalah menguasai bahasa pemrograman. Itulah mengapa fresh graduate yang satu ini langsung mencantumkan list bahasa pemrograman yang ia kuasai di bagian summary.

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan bagaimana dia memanfaatkan skill tersebut saat magang dan menjalankan proyek-proyeknya. Hal ini tentu dapat memberikan kesan positif bagi tim HR.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah di bagian “Education”. Di sini, si pemilik CV menyertakan info tentang sertifikat web developer yang ia miliki. Dengan begitu, kredibilitasnya sebagai web developer jadi semakin meningkat.

5. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Software Developer

contoh cv fresh graduate untuk posisi software developer
sumber:beamjobs.com

Pada contoh CV fresh graduate yang satu ini, si pemilik CV memberikan contoh summary yang sangat bagus dan bisa kamu tiru. Kurang lebih isinya:

“Seorang sarjana Ilmu Komputer yang memiliki passion di bidang pengembangan aplikasi web, berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi web dengan menggunakan React, Node, dll. Dan benar-benar tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Tallan”.

Mengapa summary ini patut untuk ditiru? Karena si pemilik CV mampu menjelaskan latar belakang pendidikan, passion, pengalaman, hingga minatnya terhadap perusahaan dalam satu paragraf, secara singkat dan jelas.

6. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Admin

contoh cv fresh graduate untuk posisi admin
sumber:beamjobs.com

Contoh CV fresh graduate yang satu ini cocok untuk kamu yang pernah menjalani pekerjaan paruh waktu saat masih berkuliah. Di sini, pemilik CV menjelaskan bahwa dia pernah menjalani pekerjaan di posisi admin sembari membagi waktu dengan jadwal kuliahnya.

Walaupun terdengar agak personal, tapi sikap seperti ini dapat memberikan kesan positif juga ke tim HR. Karena, hal ini mengindikasikan bahwa si kandidat adalah seorang pekerja keras dengan kemampuan manajemen waktu yang baik.

Dan seperti contoh-contoh sebelumnya, CV ini juga menampilkan latar belakang pendidikan, skill dan juga proyek yang relevan dengan posisi yang dilamar.

7. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Junior HR

contoh cv fresh graduate untuk posisi hr assistant
sumber:beamjobs.com

Apakah kamu berencana untuk melamar di posisi HR? Contoh CV fresh graduate yang satu ini bisa kamu jadikan pedoman. Karena, hampir semua bagian yang ditampilkan di CV ini sangat cocok dan relevan untuk lowongan Human Resource.

Mulai dari bagian summary yang menjelaskan bahwa pemilik CV punya kualifikasi yang cocok untuk menempati posisi HR, lalu dilanjutkan dengan pengalaman magang yang berisi daftar job desc yang pernah dikerjakan selama menjadi HR Assistant Intern.

Walaupun proyek yang ditampilkan tidak nyambung secara langsung dengan bidang HR, tapi setidaknya informasi ini dapat menunjukkan bahwa si pemilik CV punya skill komunikasi, teamwork, dan juga inisiatif yang baik.

8. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Pengacara

contoh cv fresh graduate untuk posisi pengacara
sumber:beamjobs.com

Sama seperti contoh CV fresh graduate sebelumnya, pada contoh ini, pemilik CV-nya juga mengandalkan pengalaman magang untuk membuat isi CV-nya menjadi lebih mentereng.

Selain pengalaman magang yang cukup lengkap, ia pun punya pengalaman proyek yang cukup menjual. Kamu pun bisa melakukan hal yang sama apabila selama kuliah kamu pernah punya pengalaman organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang menarik untuk dicantumkan.

Mulai dari summary hingga skill yang ditulis pun sangat menunjang untuk melamar pekerjaan di posisi pengacara. Walaupun terlihat simple, tapi cukup menarik untuk skala fresh graduate.

9. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Arsitek

contoh cv fresh graduate untuk posisi arsitek
sumber:beamjobs.com

Contoh CV fresh graduate yang satu ini cukup unik jika dibandingkan dengan contoh-contoh sebelumnya. Karena, jika contoh yang lain fokusnya terletak di ringkasan dan proyek, justru contoh ini benar-benar menonjolkan informasi di bagian latar belakang pekerjaan dan magang.

Satu-satunya kekurangan yang ada di contoh CV ini adalah tidak adanya summary. Hal ini dapat menyulitkan tim HR untuk memahami career objective dari pemilik CV, serta ringkasan skill dan pengalaman yang dimilikinya.

10. Contoh CV Fresh Graduate untuk Posisi Financial Analyst

contoh cv fresh graduate untuk posisi financial analyst
sumber:beamjobs.com

Pada contoh yang satu ini, pemilik CV-nya menaruh berbagai task Financial Analyst yang bisa dia handle, contohnya seperti: analisis valuasi bisnis, analisis tren finansial, dan eksekusi tugas-tugas yang bersifat administratif. Dengan informasi seperti ini, kompetensinya jadi semakin terlihat jelas.

Selain itu, di bagian pengalaman magang, ia juga tidak hanya mencantumkan pengalaman sebagai Financial Analyst Intern, tapi juga sebagai Financial Tutor, yang mana masih cukup relevan skillnya dengan Financial Analyst.

Begitu pula dengan bagian Education dan Skill, di sini si pemilik CV pun memastikan bahwa isinya benar-benar cocok dengan posisi yang ingin dia lamar.

Baca juga: Contoh Motivation Letter dan Cara Membuatnya

Sudah Siap Membuat CV Fresh Graduate yang Menarik?

Setelah melihat berbagai contoh CV fresh graduate di atas, manakah yang paling cocok dengan tujuan karirmu?

Apapun pilihannya, intinya pastikan kamu mengisi CV-mu dengan informasi yang singkat dan padat, sesuai dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki, dan yang terpenting, relevan dengan posisi dan perusahaan yang akan kamu lamar.

Tapi, membuat CV yang menarik hanya salah satu dari sekian banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat diterima kerja. Tentunya hal yang tak kalah penting adalah melengkapi isi CV-mu dengan, contohnya seperti sertifikasi.

Good luck, semoga bertemu dengan karir yang berjodoh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa itu Skala Nominal? Berikut Karakteristik dan Contohnya!

Apa itu Skala Interval? Ini Contoh dan Karakteristiknya