fasilitas kerja

Fasilitas Kerja yang Diharapkan Selain Gaji? Ini 10+ Jawabannya!

Tahukah kamu? Memahami berbagai fasilitas kerja selain gaji itu penting lho.

Bagi kamu yang masih mencari kerja, fasilitas kerja bisa dijadikan pertimbangan saat kamu mau melamar di suatu perusahaan.

Bukan cuma itu, wawasan ini berguna jika kamu sudah ada di tahap offering. Jadi, kamu bisa melakukan negosiasi benefit dengan tim HR dengan lebih strategis.

Oleh karena itu, di artikel ini kita akan mengupas tuntas tentang berbagai fasilitas kerja yang kerap diharapkan para karyawan. Penasaran, kan? Yuk disimak!

Mengapa Fasilitas Kerja Selain Gaji itu Penting?

Eits, tunggu dulu. Sebelum masuk ke pembahasan utama, mungkin kamu masih penasaran. Fasilitas kerja itu apa sih? Dan kenapa itu penting?

Jadi, fasilitas kerja adalah berbagai sarana dan prasarana yang diberikan ke karyawan untuk menunjang aktivitas kerjanya.

Salah satu contoh fasilitas kerja yang paling umum adalah gaji. Walau tidak berpengaruh secara langsung ke kegiatan operasional perusahaan, tapi gaji dapat menunjang kehidupan pekerja. Sehingga bisa dibilang, gaji memotivasi pekerja untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, mementingkan gaji semata untuk memotivasi pekerja sebenarnya adalah langkah yang berbahaya. Soalnya, gaji dan bonus membuat pekerja ingin mencapai target dengan cara-cara cepat. Tak jarang sampai “sikut-sikutan”.

Itu semua membuat kondisi di tempat kerja menjadi kurang kondusif. Sesama pekerja akan menganggap rekannya sebagai lawan. Akibatnya, perusahaan jadi kesulitan berinovasi dan menyusun strategi bisnis yang solid.

fasilitas kerja gaji

Itu kenapa fasilitas kerja selain gaji itu penting. Fasilitas tersebut selain menguntungkan perusahaan secara finansial, juga akan membuat pekerja lebih nyaman dan produktif bekerja. Dengan kata lain, fasilitas kerja sama-sama penting bagi pebisnis dan pekerja

Nah, sebenarnya apa saja fasilitas yang diharapkan saat bekerja? Yuk kita lihat di bagian selanjutnya.

10+ Fasilitas Kerja yang Diharapkan Pekerja Selain Gaji

Berikut adalah beberapa model gaji dan fasilitas yang diharapkan pekerja muda. Perlu kamu ketahui dan perhatikan ya. Yuk kita bahas satu per satu!

1. Cuti Tahunan

Tahukah kamu? Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, pengusaha wajib memberikan jatah cuti minimal 12 hari dalam setahun.

Walau begitu, tak semua pekerja bisa mendapatkan fasilitas ini. Karena pengusaha hanya wajib memberikan jatah tahunan pada pekerja yang sudah bekerja minimal satu tahun.

Kamu juga bisa mencari tahu tentang kebijakan cuti dari perusahaan yang kamu lamar. Sebab, kebijakan cuti tahunan untuk tiap perusahaan berbeda-beda. Ada yang mengakumulasi jatah cuti ke tahun selanjutnya, dan ada juga yang menetapkan jatah cuti hangus.

2. Cuti Sakit

Sama seperti cuti tahunan, cuti sakit pun sudah diatur di Undang-Undang. Jadi, jika ada pekerja yang sakit hingga tidak bisa melakukan pekerjaannya, mereka wajib diberikan cuti sakit.

Contohnya, misal ada pekerja wanita yang merasa kurang fit karena sedang mengalami haid, maka yang bersangkutan bisa mengajukan cuti sakit.

Nah, jika kamu ingin tahu ketentuan cuti sakit di perusahaan, kamu bisa menanyakannya langsung ke tim HR. Sebab, ada perusahaan-perusahaan tertentu yang memiliki form khusus untuk izin sakit, dan ada pula yang mewajibkan surat dari dokter.

3. Jaminan Kesehatan

Nah, jaminan kesehatan merupakan salah satu fasilitas yang umumnya paling diharapkan oleh para pekerja. Karena, seringkali pekerja khawatir tak mampu menanggung biaya kesehatan yang sulit diprediksi.

fasilitas kerja kesehatan

Patut dicatat, bahwa peraturan pemerintah menetapkan bahwa setiap pekerja wajib terdaftar di BPJS Kesehatan. Dan pengusaha juga diwajibkan untuk mendaftarkan semua pekerjanya di program ini.

Tapi terkadang ada juga lho perusahaan yang juga memberikan pekerjanya fasilitas asuransi tambahan selain BPJS Kesehatan. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi perusahaannya juga.

4. Jaminan Kecelakaan Kerja

Tidak hanya jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja juga kerap menjadi fasilitas yang paling diharapkan bagi para pekerja. Khususnya pekerja yang risiko kerjanya cukup tinggi, seperti buruh yang berinteraksi langsung dengan mesin pabrik.

Jaminan kecelakaan kerja sendiri merupakan manfaat berupa uang tunai atau pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, atau sakit karena lingkungan kerja yang ga sehat.

Untungnya, peraturan pemerintah menetapkan bahwa perusahaan wajib memberikan jaminan kecelakaan kerja bagi pekerjanya. Mulai dari bisnis yang tingkat risikonya rendah hingga yang risikonya tinggi.

5. Jam Kerja Fleksibel

Siapa yang tak tergoda dengan jam kerja fleksibel? Wajar kok, soalnya kamu bisa bekerja kapan pun kamu merasa nyaman.

ilustrasi fleksibilitas waktu

Fasilitas kerja ini juga banyak dicari. Terutama saat ini, di mana banyak orang-orang yang mesti bekerja dari rumah. Sebab, kondisi di rumah kadang menuntut pekerja untuk menyesuaikan jam kerjanya dengan para penghuni rumah.

Nah, walaupun perusahaan menawarkan jam kerja fleksibel, bukan berarti produktivitasmu juga jadi fleksibel. Kamu pun masih harus menunjukkan performa sesuai ekspektasi perusahaan.

6. Pengembangan Skill

Apakah kamu senang belajar? Jika iya, fasilitas yang satu ini patut kamu pertimbangkan. Karena, terkadang ada perusahaan yang berinvestasi di karyawannya dengan menawarkan program-program yang bertujuan untuk menambah skill.

ilustrasi kerja di depan laptop

Program pengembangan skill yang ditawarkan pun bermacam-macam. Bisa dalam bentuk kursus online, workshop, atau fasilitas berupa buku.

Nah, jika kamu mendapat fasilitas ini, kamu wajib memanfaatkannya dengan baik. Karena pengembangan skill tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tapi juga karirmu sebagai pekerja.

7. Upah Lembur

Di momen-momen tertentu, ada kalanya pekerja harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam hal ini, seharusnya perusahaan memberikan upah lembur, karena karyawannya bekerja di luar jam kantor.

Nah, jika perusahaan tempatmu bekerja memberikan upah lembur, sebaiknya kamu mengetahui perhitungan upahnya. Soalnya tiap perusahaan punya kebijakan yang berbeda-beda terkait upah lembur.

Ada yang membayar upah tetap per jam, dan ada pula yang turut mempertimbangkan persentase gaji. 

8. Tunjangan Transportasi

Untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat mobile, biasanya perusahaan memberi fasilitas kerja berupa tunjangan transportasi.

Salah satu profesi yang familiar dengan fasilitas ini adalah sales. Karena, mereka perlu berkendara dari satu lokasi ke lokasi lain untuk menemui klien atau calon konsumen.

Tunjangan transportasi biasanya berupa uang bensin. Tapi tak jarang juga ada perusahaan yang memberikan “kendaraan dinas” bagi karyawan-karyawannya yang mobilitasnya tinggi.

9. Tunjangan Makan

Ini adalah salah satu fasilitas yang paling diharapkan oleh para tenaga kerja. Maklum, karena fasilitas yang satu ini berhubungan dengan kebutuhan dasar, yaitu makan,

Bentuk tunjangan makanan sendiri bervariasi. Contohnya, ada perusahaan yang menyiapkan catering makan siang untuk para karyawannya, dan ada juga yang langsung memberikan uang mentahnya.

ilustrasi catering kantor

Nah, fasilitas ini ga cuma bermanfaat untuk pekerja aja lho. Pebisnis juga bisa merasakan manfaatnya. Sebab, tak ada lagi pekerja yang telat gara-gara keluar kantor untuk mencari makan. Selain itu, para pekerja pun bisa jadi lebih betah.

10. Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan? Apa bedanya dengan jaminan kesehatan?

Beda dong. Kalau jaminan kesehatan fungsinya untuk menyembuhkan pekerja yang sakit, fasilitas kesehatan gunanya untuk mencegah karyawan sakit. Contohnya dengan menyediakan klinik atau mengadakan medical check-up secara berkala.

Ini adalah investasi yang bagus bagi perusahaan dalam jangka panjang. Sebab, dengan memastikan para pekerja tetap sehat, tentu produktivitas bisnis akan tetap stabil.

11. Jaminan Hari Tua

Salah satu kekhawatiran yang kerap muncul di pikiran pekerja adalah kepastian akan masa depan. Bagaimana jika setelah mereka pensiun tak ada lagi pemasukan?

Itulah mengapa perusahaan biasanya memberikan fasilitas berupa Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) kepada para karyawan. Kedua program ini sendiri diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Sekilas, keduanya terdengar sama, padahal cara pencairannya saja berbeda. JHT adalah uang tunai yang dibayarkan sekaligus ketiga pekerja sudah mencapai usia pensiun. Sedangkan JP adalah uang tunai yang dibayarkan setiap bulan setelah pekerja pensiun.

Manakah Fasilitas yang Paling Kamu Harapkan saat Kerja?

Oke, setelah melihat daftar di atas, manakah fasilitas kerja yang menurutmu paling menarik?

Seluruh fasilitas di atas dapat kamu jadikan pertimbangan saat sedang mencari kerja. Jika perusahaan yang kamu lamar menyediakan fasilitas yang kamu butuhkan, artinya kamu sudah menemukan tempat kerja yang tepat!

Nah, selain mencari tahu tentang fasilitas yang kamu inginkan dari tempat kerjamu, tentunya kamu juga harus bersiap diri agar bisa diterima kerja di perusahaan impianmu dan mendapat karir yang kamu impikan. 

banner kelas career hack bitlabs

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10+ Cara Menjadi Hacker Pemula sampai Jadi Profesional

big data adalah

Big Data: Berikut adalah Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya!