20 tools instagram yang wajib kamu tahu

20 Instagram Tools Wajib untuk Pebisnis di Tahun 2022

Semakin hari, semakin banyak bisnis yang menunjukkan eksistensinya di Instagram. Bahkan, di tahun 2020 saja jumlah akun bisnis di Instagram sudah mencapai 25 juta!

Tak heran, ini berkat potensi yang ditunjukkan Instagram bagi para pebisnis. Berdasarkan data dari Instagram, lebih dari 200 juta pengguna Instagram setidaknya membuka satu profil bisnis setiap hari. Dan 60% orang mengaku bahwa mereka telah menemukan produk baru via Instagram.

Sungguh peluang yang sangat menggiurkan, bukan?

Nah, agar bisnismu bisa sukses di Instagram, tentu kamu juga harus tahu dong berbagai tools yang dapat membantu meningkatkan daya saing bisnismu di sana.

Itulah mengapa di artikel ini kita akan membahas tentang 20 Instagram tools yang wajib kamu gunakan saat berbisnis via Instagram. 

Daftar 20 Instagram Tools Terbaik untuk Bisnismu

Eits. Keburu penasaran kan sama tools Instagram yang Bitlabs maksud? Yaudah yuk, kita cek sama-sama!

1. Hootsuite

homepage tools instagram hootsuite

Hootsuite adalah salah satu alat social media management yang cukup populer. Khususnya di kalangan pengguna Instagram. 

Pasalnya, alat ini dapat membantumu mengatur jadwal posting di akun bisnis Instagram. Dengan alat ini, kamu bisa lebih mudah mengelola konten Instagram dari waktu ke waktu. 

Selain itu, Hootsuite juga terhubung dengan platform media sosial selain Instagram. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengatur konten di berbagai platform dalam satu tempat.

Fitur Unggulan

  • Atur jadwal publish konten dengan mudah.
  • Monitor konten yang ingin dipublish.
  • Terhubung dengan banyak platform media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya).

Kelemahan

  • Tak bisa posting lebih dari satu gambar dalam sekali posting di Instagram.
  • Harga cukup mahal untuk mendapat fitur lengkapnya.

Harga: Gratis untuk 30 hari (free trial). Selanjutnya, kamu perlu membeli paket berbayar. Mulai dari $19/bulan (Paket Professional) hingga $599/bulan (Paket Business).

2. Sendible

banner tools instagram sendible

Sendible adalah Instagram tools lain yang bisa kamu andalkan untuk urusan mengatur jadwal publish konten. 

Dengan alat ini, kamu bisa melihat jadwal posting konten dalam bentuk kalender. Jadi, kamu bisa melakukan penyesuaian hanya dengan mengubah tanggal postingnya saja!

Alat ini juga menyediakan fitur report builder yang akan melaporkan segala informasi tentang akunmu. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengetahui performa akun Instagram bisnismu.

Fitur Unggulan

  • Kalender konten.
  • Report Builder
  • Tersedia Google Chrome Extension untuk mempermudah penjadwalan konten

Kelemahan

  • Fitur analytics yang terbatas.
  • Harga kurang terjangkau.

Harga: Mulai dari $29/bulan (Paket Starter) hingga $299/bulan (Paket Large).

Baca juga: Patokan Ukuran Posting di Instagram Terlengkap!

3. Buffer 

halaman utama tools instagram buffer

Jika kamu ingin membuat dan mengatur jadwal publish konten dalam jumlah yang banyak sekaligus, Buffer bisa menjadi solusi yang tepat. 

Sama seperti Sendible dan Hootsuite, Buffer pun memiliki berbagai fitur menarik terkait pengelolaan konten di media sosial. Contohnya, kamu bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati fitur analytics yang dapat menampilkan data tentang postingan Instagram-mu.

Fitur Unggulan

  • Interface yang menarik
  • Mampu menentukan waktu terbaik untuk posting

Kelemahan

  • Paket “Publish” dan “Analyze” dibuat terpisah. Jadi kamu perlu berlangganan paket lain untuk mendapat fitur analytics.
  • Perlu berlangganan ke paket yang lebih mahal untuk mendapat fitur team management.

Harga: Mulai dari $15/bulan (Paket Pro) dan $65/bulan (Paket Premium),  hingga $99/bulan (Paket Business).

4. Snapseed

aplikasi snapseed

Kalau kamu senang mengedit foto dari HP, mungkin kamu pernah mendengar aplikasi ini. 

Snapseed adalah aplikasi edit foto buatan Google. Alat ini memiliki berbagai fitur menarik yang memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal. Contohnya seperti memasang filter, menggunakan efek pada foto, hingga mengedit foto secara manual.

Jadi, kamu bisa mempercantik konten Instagram-mu dengan mudah melalui aplikasi ini. Kabar baiknya, Snapseed bisa kamu gunakan secara gratis!

Fitur Unggulan

  • Terdiri dari banyak alat dan preset.
  • Tidak ada iklan di dalamnya.
  • Visual yang menarik

Kelemahan

  • Perlu waktu untuk mempelajarinya, khususnya untuk editing manual.

Harga: Gratis

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Instagram, Mana Andalanmu?

5. Canva

banner website canva

Canva merupakan andalan banyak orang untuk urusan desain visual. Termasuk desain konten untuk Instagram.

Mereka menyediakan halaman khusus bagi pengguna yang ingin membuat desain konten Instagram. Di sana, kamu bisa menemukan ide-ide konten untuk Instagram, memilih template Instagram story, dan belajar mendesain konten Instagram!

Fitur Unggulan

  • Tersedia banyak template yang siap kamu gunakan.
  • Menyediakan halaman khusus untuk pengguna Instagram.

Kelemahan

  • Banyak aset yang baru bisa kamu akses setelah berlangganan paket berbayar.

Harga: Gratis. Tapi jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan ke paket Pro ($9.95/bulan) atau paket Enterprise ($30/bulan)

6. Photoshop Express

banner tools instagram photoshop express

Siapa yang tak kenal Adobe? Brand populer ini punya berbagai aplikasi desain yang bisa kamu coba saat mendesain konten Instagram, salah satunya adalah Photoshop Express.

Kalau kamu sudah familiar dengan Adobe Photoshop, mungkin kamu akan suka dengan tool yang satu ini. Karena kurang lebih fiturnya sama seperti Photoshop. 

Kamu bisa menambahkan efek, mengubah layout dan background foto, dan juga memberi sticker pada fotonya. 

Fitur Unggulan

  • Fitur edit foto yang cukup lengkap.
  • Tersedia di berbagai platform (Android, iOS, Windows).

Kelemahan

  • Kurang ramah untuk pemula. Perlu waktu untuk mempelajarinya.

Harga: Gratis. Tapi kamu juga bisa upgrade ke versi premium dengan harga $9.99 per bulan.

7. VSCO

banner tools instagram vsco

Ingin membuat konten Instagrammu jadi lebih estetik? VSCO bisa menjadi solusi yang tepat.

Instagram tools yang satu ini menyediakan banyak preset yang bisa kamu gunakan agar kontenmu semakin enak dipandang. 

Selain itu, alat ini juga punya banyak fitur editing yang bisa membantumu menyesuaikan visual kontennya secara manual.

Fitur Unggulan

  • Koleksi 200+ preset.
  • Fitur editing yang cukup lengkap.

Kelemahan

  • Tidak semua filter yang disediakan gratis. Kamu perlu membayar lebih untuk mendapatkan lebih banyak pilihan filter.

Harga: Gratis. Tapi jika kamu ingin mendapat fitur yang lebih lengkap, seperti akses seluruh filter dan fitur editing yang komplit, kamu bisa berlangganan ke VSCO membership seharga $19.99 per tahun.

8. Life Lapse

halaman utama tools instagram life lapse

Jika kamu ingin mempresentasikan produkmu secara menarik di Instagram, kamu bisa melakukannya dengan animasi stop motion. 

Belum tahu caranya? Jangan khawatir, kamu bisa mengandalkan Instagram tools yang satu ini. 

Life Lapse adalah aplikasi yang dapat membantumu membuat video stop motion. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan berbagai tutorial agar kamu bisa membuat video stop motion yang keren! 

Fitur Unggulan

  • Fitur editing untuk video stop motion.
  • Life Lapse Academy yang berisi bermacam tutorial video stop motion.

Kelemahan

  • Anda baru bisa mengakses Academy ketika berlangganan ke paket Pro.

Harga: Gratis. Tapi untuk mendapat fitur lengkap, kamu bisa berlangganan ke paket Pro tahunan seharga $4.99 per bulan.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram, No Tipu-Tipu

9. Boomerang from Instagram

banner boomerang from instagram

Pengguna Instagram pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya, Boomerang adalah aplikasi yang dapat membuat video looping singkat nan menarik.

Jika kamu sedang mencari ide video untuk mempresentasikan produk di Instagram, kamu bisa memanfaatkan Boomerang. Kamu juga bisa menyimpan video-video yang sudah dibuat untuk dipublish kemudian.

Fitur Unggulan

  • Dapat membuat video looping dengan kamera depan atau belakang.
  • Tersedia opsi social media sharing untuk mempermudah pengguna dalam membagikan video ke akun media sosial.

Kelemahan

  • Terkadang masih ada glitch yang muncul saat membuat video.

Harga: Gratis. 

10. Shortstack

halaman utama tools instagram shortstack

Salah satu cara mudah untuk mengundang pengunjung ke akun Instagrammu adalah dengan mengadakan kontes berhadiah. Bentuk kontesnya bisa berupa kontes hashtag atau komentar.

Dengan Shortstack, kamu bisa dengan mudah mengumpulkan gambar, video, atau caption yang terhubung dengan hashtag kontes yang kamu buat. 

Jadi, kamu tidak perlu kesulitan untuk mencari pengguna yang ikut berkontribusi.

Fitur Unggulan

  • Mampu memilih entri kontestan yang mengikuti kontes.
  • Tersedia fitur voting dan sharing untuk menentukan pemenang kontesnya.

Kelemahan

  • Instagram tools ini hanya kamu perlukan ketika membuat kontes saja.

Harga: Mulai dari $99/bulan (Paket Business) hingga $499/bulan (Paket Brand).

11. Shorby

banner shorby

Di Instagram, kamu hanya bisa menyimpan satu link saja di bio. Lantas bagaimana jika kamu ingin mengarahkan followermu ke lebih dari satu link?

Solusinya, kamu bisa menggunakan Shorby. Dengan alat ini, kamu bisa membuat satu link yang berisi banyak link. 

Di sana, kamu bisa menyimpan link ke berbagai macam halaman. Entah ke halaman produk, halaman utama website, atau halaman media sosialmu yang lain.

Fitur Unggulan

  • Kamu bisa membuat satu link untuk mengundang traffic ke berbagai halaman. 
  • Desain halaman link-nya bisa diedit dengan mudah.

Kelemahan

  • Linknya tidak bersifat white label. Jadi kamu akan melihat logo Shorby di dalamnya.

Harga: Mulai dari $39/bulan (Paket Rocket) hingga $117/bulan (Paket Agency).

12. AutoHash

aplikasi autohash

Ingin postingan Instagrammu dilihat banyak orang? Gunakan hashtag saja di captionnya! Tapi, kira-kira apa ya hashtag yang paling tepat untuk postinganmu?

Tak usah khawatir, dengan AutoHash, kamu bisa dengan mudah menemukan hashtag yang tepat untuk gambarmu. 

Cukup upload gambarmu di AutoHash, lalu alat ini akan mendeteksi berbagai hashtag yang paling relevan dengan gambar tersebut. Canggih, bukan?

Fitur Unggulan

  • Fitur AI untuk mengecek relevansi gambar dengan hashtag
  • Jumlah hashtag yang dihasilkan adalah 30, sesuai dengan batasan Instagram.

Kelemahan

  • Setiap kali menggunakan AutoHash, akan ada hashtag AutoHash di dalamnya. Tapi kamu bisa menghapusnya kok.

Harga: Gratis.

13. All Hashtag

halaman utama all hashtag

Bisa dibilang, All Hashtag merupakan alat pencari hashtag yang sangat lengkap. Terutama jika kamu sedang butuh banyak ide hashtag untuk kontenmu yang baru.

Karena, Instagram tools yang satu ini menyediakan tiga opsi untuk mencari ide hashtag, yaitu top (kumpulan hashtag populer), random (kumpulan hashtag relevan yang diambil secara acak), dan live (kumpulan hashtag yang banyak dibicarakan saat ini).

Fitur Unggulan

  • Tersedia banyak opsi untuk mencari ide hashtag.
  • Kamu bisa menyalin kumpulan hashtag-nya dengan mudah.

Kelemahan

  • Tidak semua hashtag yang dihasilkan relevan dengan pencarianmu.

Harga: Gratis.

14. Repost for Instagram

halaman utama repost for instagram

Apakah ada foto atau video menarik dari akun lain yang ingin kamu upload? Atau mungkin ada postingan pelangganmu yang ingin kamu repost?

Jika iya, Repost for Instagram adalah alat yang kamu butuhkan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memposting konten akun lain. 

Caranya pun mudah, cukup salin link kontennya saja. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan linknya ke aplikasi Repost.

Fitur Unggulan

  • Kemudahan untuk repost konten hanya dengan menyalin link.

Kelemahan

  • Ada iklan di dalam platformnya.

Harga: Gratis.

15. Sprout Social

halaman utama sprout social

Instagram tools yang satu ini punya banyak fitur yang bisa mendukung akun bisnismu. Mulai dari fitur engagement untuk mengecek tingkat engagement konten yang dipublish hingga fitur publishing yang dapat membantumu mengatur penjadwalan konten.

Tidak hanya itu, Sprout Social juga dilengkapi fitur analytics yang dapat memonitor kinerja kontenmu dan perkembangan jumlah followermu dari waktu ke waktu.

Fitur Unggulan

  • Fitur engagement untuk mengecek tingkat engagement konten.
  • Fitur publishing dan scheduling untuk mengatur penjadwalan konten.
  • Fitur analytics untuk mengolah data akunmu menjadi informasi penting.
  • Fitur listening untuk menemukan tren terbaru di industri.

Kelemahan

  • Kamu baru bisa menikmati fitur listening di paket yang lebih mahal.
  • Report yang dihasilkan tidak bisa dibuat berdasarkan wilayah atau negara.

Harga: Free trial selama 30 hari. Selanjutnya, kamu harus berlangganan mulai dari $99/bulan (Paket Standard) hingga $249/bulan (Paket Advanced).

16. Iconosquare

halaman utama iconosquare

Iconosquare adalah alat social media analytics yang cukup populer. Saat ini, sudah lebih dari 10.000 bisnis dan agensi yang menggunakannya.

Popularitas alat ini bukan tanpa alasan. Mereka memiliki beberapa fitur andalan yang bisa kamu gunakan di Instagram. 

Sebut saja fitur analytics untuk mengukur performa akunmu, atau fitur monitoring untuk mengidentifikasi apa yang sedang ramai diperbincangkan di akunmu.

Fitur Unggulan

  • Fitur publishing untuk mengatur jadwal konten.
  • Fitur analytics untuk mengukur kinerja akun.
  • Fitur listening untuk mengidentifikasi tren.

Kelemahan

  • Hanya terintegrasi dengan Facebook dan Instagram saja.

Harga: Free trial selama 14 hari. Selanjutnya, kamu perlu berlangganan mulai dari $29/bulan (Paket Pro) hingga $59/bulan (Paket Advanced).

17. Awario

halaman utama awario

Jika kamu ingin tahu seberapa banyak orang di luar sana yang membicarakan brandmu atau jenis produk yang kamu jual, gunakan Awario. 

Alat ini dapat menemukan komentar-komentar yang berisi kata kunci atau hashtag yang kamu cari. Sehingga, kamu bisa tahu seberapa banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh produkmu di pasar.

Fitur Unggulan

  • Mampu menemukan mention brandmu di website lain.
  • Mampu menelusuri mention brandmu di berbagai media sosial.

Kelemahan

  • Kurang ramah untuk pemula. Butuh waktu lebih untuk mempelajarinya.

Harga: Mulai dari $29/bulan (Paket Starter) hingga $299/bulan (Paket Enterprise).

18. Social Insider

halaman utama social insider

Social Insider adalah Instagram tools yang fokus menyediakan data analytics. Jadi, kamu bisa menganalisis efektivitas konten dan juga perkembangan akun Instagrammu.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan performa akunmu dengan akun Instagram kompetitor. Fungsi ini sangat berguna, khususnya jika kamu sedang merancang strategi kontenmu kedepannya.

Fitur Unggulan

  • Mengukur performa konten.
  • Melakukan perbandingan performa dengan akun Instagram kompetitor.

Kelemahan

  • Report yang dihasilkan tidak bisa dikustomisasi.

Harga: Free trial selama 14 hari. Selanjutnya, kamu perlu berlangganan mulai dari $83/bulan (Paket Social Media Manager) hingga $291/bulan (Paket Agency).

19. SocialRank

halaman utama socialrank

SocialRank merupakan alat yang tepat jika kamu sedang ingin mencari tahu tentang pengunjung akun Instagrammu.

Karena, dengan alat ini kamu bisa mengetahui karakteristik pengunjung akunmu. Misalnya seperti umur, domisili, atau jumlah followernya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tahu kata-kata dan hashtag yang paling sering mereka gunakan.

Fitur Unggulan

  • Mengidentifikasi karakteristik pengunjung akun.
  • Mencari tahu kata-kata dan hashtag yang paling sering digunakan pengunjungmu.

Kelemahan

  • Hanya terhubung pada Instagram dan Twitter saja.

Harga: Gratis. Tapi jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan mulai dari $24/bulan (Paket Core) hingga $199/bulan (Paket Elite).

20. Instagram Insights

instagram insights

Sesuai dengan namanya, Instagram Insights adalah suatu fitur yang mampu memberikan berbagai insight (wawasan) tentang akun Instagrammu. Fitur ini sendiri merupakan fitur bawaan dari Instagram.

Dengan Instagram Insights, kamu bisa mengetahui karakteristik pengunjung yang melihat akun atau postinganmu. Contohnya seperti gender, umur, lokasi, dan rata-rata jam aktif mereka.

Fitur Unggulan

  • Mengidentifikasi karakteristik pengunjung akun.
  • Tidak perlu disetting, karena fitur bawaan dari Instagram.

Kelemahan

  • Hanya bisa digunakan pada akun bisnis saja.

Harga: Gratis. 

Baca juga: Langkah Mudah Bikin Akun Instagram Bisnis

Gunakan Instagram Tools yang Tepat untuk Akun Bisnismu!

Bagaimana? Cukup banyak kan Instagram tools yang bisa kamu gunakan?

Walau demikian, pastikan kamu hanya menggunakan tools yang sesuai dengan kebutuhanmu saja ya! Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mencapai hasil yang maksimal.

Nah, jika kamu ingin lebih jago untuk berbisnis via Instagram, kamu bisa mempelajarinya di Bitlabs. Karena, Bitlabs menyediakan kelas Instagram Mastery yang akan membantumu jadi pebisnis yang lebih handal di Instagram.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung di Bitlabs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

buyer persona

Buyer Persona, Si Senjata Ampuh untuk Strategi Pemasaran

domain authority dan page authority

Domain Authority dan Page Authority: Definisi, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya