patokan ukuran postingan di instagram

Rekomendasi Ukuran Foto dan Video di Instagram Terlengkap!

Sebelum membuat postingan di Instagram, ada berbagai hal yang perlu kamu pikirkan. Misalnya, seperti ide konten atau jadwal posting kontennya. 

Selain itu, ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, yaitu: Ukuran postingannya.

Lho, cuma masalah ukuran? Emang penting?

Penting banget! Soalnya, kalau ukuran postinganmu tidak sesuai dengan rekomendasi Instagram, kualitasnya bisa berkurang.

Idealnya, foto atau video yang diupload di Instagram memiliki lebar antara 320px hingga 1080px. Kalau lebar postinganmu kurang dari 320px, Instagram secara otomatis akan melebarkan ukurannya, sehingga kualitas gambarnya tidak akan sebagus yang asli.

Sedangkan jika lebar postinganmu lebih dari 1080px, Instagram secara otomatis akan mengkompres dan mengurangi lebar postingannya. Hal ini akan berdampak pada kualitas gambarnya juga. 

Nah, untuk menghindari penurunan kualitas gambar, kamu harus tahu rekomendasi ukuran foto dan video di Instagram. Termasuk untuk postingan Instagram Stories, Instagram Live, atau IGTV.

Penasaran? Yuk simak lebih lanjut!

Cara Mengetahui Ukuran Postingan Instagram

Oke, sebelum membahas lebih lanjut tentang rekomendasi ukuran postingan di Instagram, ada dua hal yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Kedua hal ini berfungsi untuk mengukur ukuran foto atau video, yaitu:

  • Aspek Rasio – Digunakan untuk mengukur perbandingan lebar dan tinggi postingan. Contohnya seperti 1:1 atau 9:16. Angka pertama merujuk pada lebar, sedangkan angka kedua merujuk pada tingginya. 
  • Ukuran –  Mengukur jumlah pixel pada lebar dan tinggi postingan. Contohnya seperti 1080 x 608px atau 420 x 654px. Sama seperti aspek rasio, angka pertama merujuk pada lebar dan angka kedua merujuk pada tinggi.

Tiap jenis postingan memiliki aspek rasio dan ukuran yang berbeda. Mari kita lihat satu per satu!

Baca juga: 20 Tools Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Rekomendasi Ukuran Foto di Instagram

Ada tiga jenis ukuran foto yang bisa kamu pilih, yaitu portrait, landscape, dan square. Berikut adalah ukuran yang optimal untuk masing-masing jenis foto:

Foto Portrait 

ukuran foto portrait

Aspek Rasio Ideal: 4:5

Ukuran Ideal: 1080 x 1350px

Foto dengan tampilan vertikal memang masih sering menjadi andalan bagi pengguna smartphone. Agar kualitas foto portrait tidak berkurang sama sekali, gunakan ukuran 1080 x 1350px.

Foto Landscape

ukuran foto landscape

Aspek Rasio Ideal: 1.91:1

Ukuran Ideal: 1080 x 608px

Foto landscape kerap dibuat jika objek foto yang ditangkap lebih luas dari biasanya. Nah, karena ukurannya lebih lebar, gunakan rasio 1.91:1 untuk kualitas gambar yang optimal. 

Foto Square

ukuran-foto-square

Aspek Rasio Ideal: 1:1

Ukuran Ideal: 1080 x 1080px

Secara default, Instagram akan menyesuaikan foto di profilmu agar berbentuk square. Jadi, bisa dibilang foto square merupakan jenis foto yang paling ideal untuk digunakan di Instagram. Selama ukuran fotonya antara 320 x 320px hingga 1080 x 1080px, kualitas fotonya tidak akan bermasalah sama sekali. 

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Instagram Paling Kece

Rekomendasi Ukuran Video Instagram

Apakah rekomendasi aspek rasio dan ukuran video di Instagram berbeda dengan foto? Tidak juga. Justru lebih sederhana, karena hanya ada dua jenis postingan video, yaitu portrait dan landscape.

Video Portrait

ukuran video portrait

Aspek Rasio Ideal: 4:5

Ukuran Ideal: 1080 x 1350px

Seperti yang kamu lihat, aspek rasio video portrait tidak berbeda dengan foto portrait, yaitu 4:5. Di luar aspek rasio ini, videomu bisa dicrop secara otomatis oleh Instagram. 

Video Landscape

ukuran video landscape

Aspek Rasio Ideal: 1.91:1

Ukuran Ideal: 1080 x 608px

Begitu pula dengan video landscape, aspek rasio dan ukuran idealnya tidak berbeda sama sekali dengan foto landscape. Oh ya, sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan aspek rasio 16:9 untuk video landscape.

Rekomendasi Ukuran Story Instagram 

Tentu kamu tahu bahwa Instagram Stories bisa berbentuk foto atau video. Jenisnya pun hanya ada dua: antara portrait atau landscape.

Stories Portrait

ukuran stories portrait

Aspek Rasio Ideal: 9:16

Ukuran Ideal: 1080 x 1920px

Berbeda dengan foto portrait dan video portrait, stories yang berbentuk portrait punya ukuran yang lebih tinggi. Ini karena isi stories portrait bisa memenuhi layar. Sehingga ukuran Instagram story idealnya adalah 1080 x 1920px.

Stories Landscape

ukuran stories landscape

Aspek Rasio Ideal: 1.91:1

Ukuran Ideal: 1080 x 608px

Aspek rasio dan ukuran ideal stories landscape justru tidak berbeda sama sekali dengan foto dan video landscape, yaitu 1.91:1 dan 1080 x 608px.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram, No Tipu-Tipu

Rekomendasi Ukuran Instagram Live

ukuran instagram live

Apakah kamu pernah melihat Instagram Live dalam bentuk landscape? Pasti belum, kan?

Tenang, ini bukan berarti kamu ketinggalan tren di Instagram. Jadi, Instagram Live memang hanya bisa dishoot dalam bentuk portrait saja. Berikut adalah rekomendasi aspek rasio dan ukurannya.

Aspek Rasio Ideal: 9:16

Ukuran Ideal: 1080 x 1920px

Terlihat familiar? Ya, tepat sekali. Aspek rasio dan ukuran ideal Instagram Live memang sama persis dengan Stories Portrait.

Rekomendasi Ukuran IGTV 

FItur yang dirilis sejak Juni 2018 ini memungkinkan kamu untuk memposting video dalam durasi yang lebih lama. Jika video biasa hanya terbatas pada durasi 1 menit, di IGTV kamu bisa posting video hingga 10 menit! Bahkan verified users (centang biru) bisa posting video hingga 1 jam. Luar biasa, bukan?

Nah, sama seperti foto dan video, IGTV juga bisa ditonton dalam dua mode: portrait atau landscape.

IGTV Portrait

ukuran igtv portrait

Aspek Rasio Ideal: 9:16

Ukuran Ideal: 1080 x 1920px

Seperti Stories Portrait dan Instagram Live, IGTV Portrait juga memiliki ukuran yang lebih tinggi dibanding foto dan video, karena isi videonya memenuhi layar.

IGTV Landscape

ukuran igtv landscape

Aspek Rasio Ideal: 16:9

Ukuran Ideal: 1920 x 1080px

Pada fitur-fitur sebelumnya video landscape ukuran idealnya hanya 1080 x 608px. Namun tidak dengan IGTV Landscape. Karena, video IGTV yang ditonton secara landscape akan secara otomatis memenuhi layar, sehingga ukurannya lebih lebar (1920 x 1080px).

Baca juga: Cara Mudah Membuat Akun Instagram Bisnis

Gunakan Ukuran yang Ideal untuk Postinganmu!

Selamat! Sekarang kamu sudah tahu ukuran yang tepat untuk postingan di akunmu. Pastikan kamu mengikuti ukuran idealnya ya agar kualitas postingannya tetap terjaga!

Nah, tapi ukuran kualitas postingan hanyalah salah satu faktor untuk membuat akun Instagram profesional. Masih ada faktor-faktor lainnya yang perlu kamu pelajari, mulai dari profil bio hingga jadwal publish konten.

Eits, jangan khawatir. Dengan Bitlabs, kamu bisa belajar cara membuat akun bisnis profesional di Instagram! Ada materi Instagram Mastery yang akan membimbingmu langkah demi langkah untuk bisa sukses di platform ini.

Mau? Yuk daftar di Bitlabs sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara membuat instagram bisnis

Mengenal Instagram Bisnis dan Cara Mudah Membuatnya

ini dia cara cek da dan pa websitemu

Cara Mudah Cek DA dan PA Blog [Terlengkap]