aplikasi edit foto instagram paling kece

10 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Di Instagram, kualitas visual adalah segalanya. Kalau kamu posting foto yang biasa-biasa saja, tentu tak akan ada yang tertarik. Bisa jadi foto yang kamu posting cuma jadi pajangan di feed.

Padahal kamu pasti mau fotomu terlihat bagus, kan? Memang, kok. Foto estetik bisa bikin kamu dapat lebih banyak like dan comment. Malah, bisa nambah followers juga.

Nah, kabar bagusnya buat foto estetik itu nggak susah kok! Di luar sana, ada banyak aplikasi edit foto yang bisa buat foto-foto di akun Instagrammu semakin kinclong. Saking banyaknya, mungkin kamu kebingungan harus memilih yang mana.

Tapi jangan khawatir, karena di sini kita akan bahas sederet aplikasi edit foto Instagram. Kamu akan tahu keunggulan, kekurangan, serta biaya dari masing-masing aplikasi. 

Berikut daftar 10 aplikasi untuk edit foto Instagram.

1. Canva

canva aplikasi edit foto instagram

Siapa yang tak kenal Canva? Platform desain grafis ini sudah bantu banyak orang membuat desain menarik tanpa perlu keahlian khusus.

Di Canva, ada banyak template untuk postingan foto dan Instagram Stories. Apalagi, setiap template bisa kamu edit dengan mudah sesuai keinginanmu.

Keunggulan

  • Tersedia template siap pakai untuk postingan foto dan Instagram Stories.
  • Mudah digunakan.

Kekurangan

  • Banyak aset dan elemen visual yang tidak bisa digunakan secara gratis.
  • Tidak bisa melakukan resize foto tanpa melakukan upgrade.

Harga: Gratis. Tapi kamu bisa mendapat fitur lengkap dengan melakukan upgrade mulai dari $12.95/bulan (Paket Pro) hingga $30/bulan (Paket Enterprise).

2. Snapseed

aplikasi snapseed

Bisa dibilang, Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto dengan fitur terlengkap. Ada banyak fitur andalan yang bisa membuat fotomu semakin menarik.

Contohnya, Snapseed menyediakan berbagai pilihan filter siap pakai. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alat-alat photo editing manual. Mulai dari crop dan brush, hingga tuning image.

Keunggulan

  • Berbagai filter siap pakai.
  • Alat photo editing yang lengkap.

Kekurangan

  • Butuh waktu untuk mempelajari alat-alat photo editing manualnya.

Harga: Gratis

Baca juga: Daftar Lengkap Ukuran Postingan di Instagram

3. VSCO

banner vsco

Barangkali kamu pernah melihat postingan-postingan kece di Instagram dengan isi caption #vsco atau #vscocam. Nah, VSCO memang merupakan salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal di kalangan pengguna Instagram.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa kamu coba. Mulai dari koleksi filter estetik, sampai berbagai alat editing manual untuk pengguna yang menguasai skill fotografi.

Keunggulan

  • Koleksi filter yang banyak.
  • Fitur editing manual.

Kekurangan

  • Tampilan yang terlalu minimalis.
  • Ada filter-filter yang tidak bisa diakses secara gratis.

Harga: Ada 7 hari free trial. Selebihnya, kamu harus berlangganan ke paket berbayar seharga $19.99/tahun.

4. Adobe Lightroom

banner adobe lightroom

Jika kamu familiar dengan aplikasi desain dari Adobe seperti Photoshop atau Illustrator, mungkin kamu tidak asing dengan Adobe Lightroom.

Ya, aplikasi ini cukup terkenal di kalangan fotografer karena kemampuannya dalam mengedit dan mengatur foto. Alat-alat editing yang lengkap membuatnya jadi pilihan yang menarik bagi pengguna Instagram yang ingin mengedit fotonya secara profesional.

Keunggulan

  • Alat edit foto manual yang lengkap.
  • Foto secara otomatis disimpan di cloud storage.

Kekurangan

  • Harganya mahal
  • Opsi sharing yang terbatas. 

Harga: Mulai dari $9.99/bulan (Lightroom Plan) hingga $19.99/bulan (Photography Plan)

Baca juga: Kupas Tuntas Baca Data di Instagram Insight

5. A Color Story

banner a color story

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membuat foto-foto Instagrammu lebih berwarna. Kamu bisa membuat fotomu terlihat lebih menarik dengan 500+ filter yang tersedia.

Selain itu, A Color Story juga memiliki lebih dari 120 efek dan 20 alat edit foto yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan tampilan fotomu. 

Keunggulan

  • Tersedia 500+ filter siap pakai
  • Ada 120+ efek dan 20+ alat edit foto yang bisa kamu gunakan. 

Kekurangan

  • Banyak filter dan efek yang baru tersedia di paket berbayar

Harga:

Gratis. Tapi untuk fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan ke ACS+ Membership bulanan ($4.99/bulan) atau ACS+ Membership tahunan ($24.99/tahun).

Baca juga: Cara Mudah Membuat Akun Instagram Bisnis

6. Facetune

banner facetune

Facetune memiliki dua aplikasi yang dapat membantumu membuat foto yang menarik di Instagram, yaitu Facetune 2 dan Filtertune. Keduanya pun punya fungsi yang berbeda.

Facetune 2 memiliki fitur unggulan berupa alat-alat untuk mengedit foto selfie. Tapi sebetulnya kamu juga bisa menggunakan alat-alatnya untuk mengedit foto apapun. 

Sedangkan Filtertune adalah aplikasi dengan berbagai filter menarik yang bisa membuat foto-foto Anda tampak profesional!

Keunggulan

  • Tersedia alat-alat editing khusus foto selfie yang bisa digunakan untuk foto apapun.
  • Ada berbagai filter menarik di aplikasi Filtertune.

Kekurangan

  • Fitur tersedia di aplikasi terpisah (Facetune 2 dan Filtertune).
  • Tidak ada opsi gratis.

Harga: Ada opsi berbayar sebesar $9.99/tahun.

7. Afterlight

banner afterlight

Ingin membuat fotomu terlihat estetik secara instan? Afterlight solusinya. Aplikasi ini memiliki lebih dari 130  filter menarik yang dibuat oleh fotografer profesional.  

Selain itu, alat ini juga menyediakan 20+ alat edit foto. Mulai dari pengatur kecerahan, kontras, dan sejenisnya. Semua ini bisa kamu manfaatkan untuk menyesuaikan tampilan foto secara manual.   

Keunggulan

  • 130+ filter menarik.
  • 20+ alat edit foto profesional.

Kekurangan

  • Hanya ada sedikit pilihan untuk menambahkan frame.

Harga: Gratis. Tapi untuk mendapat fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan mulai dari $2.99/bulan (Monthly Afterlight Membership) hingga $35.99 (Lifetime Afterlight Membership)

Baca juga: Tambah Followers Instagram Nggak Pakai Tipu-Tipu

8. Foodie

banner aplikasi edit foto instagram foodie

Jika kamu punya bisnis kuliner, kamu harus cek aplikasi yang satu ini. Foodie adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengedit foto makanan.

Ada 30+ filter yang bisa kamu pilih untuk membuat foto makananmu jadi lebih menggoda. Aplikasi ini pun punya live filter yang bisa kamu gunakan saat membuat video atau live stream. 

Bagaimana dengan fitur sharingnya? Tenang. Kamu bisa dengan mudah berbagi foto dari Foodie ke berbagai media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Keunggulan

  • 30+ filter khusus foto makanan.
  • Live filters untuk video dan live streaming.
  • Opsi sharing yang lengkap.

Kekurangan

  • Hanya menarik untuk orang-orang yang ingin membuat foto makanan.

Harga: Gratis

9. Avatan Photo Editor

banner aplikasi edit foto instagram avatan photo editor

Kamu dapat memberi efek khusus pada fotomu dengan Avatan Photo Editor. Tidak tanggung-tanggung, Avatan menyediakan lebih dari 100 ribu foto untuk penggunanya.

Untuk mempercantik fotomu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai sticker, frame, dan background yang bisa langsung kamu tambahkan.

Keunggulan

  • Lebih dari 100 ribu efek.
  • Tersedia filter, sticker, frame dan background siap pakai.

Kekurangan

  • Terkadang masih ada gangguan bug di dalamnya.

Harga: Gratis.

10. Pixlr X

banner aplikasi edit foto instagram pixlr x

Pixlr X menyediakan fitur-fitur yang dapat membantumu mengedit foto dengan lebih cepat. Contohnya, fitur remove background yang dapat menghapus background fotomu hanya dalam satu klik.

Ditambah lagi, ada elemen-elemen tambahan yang bisa kamu tambahkan ke fotomu di Pixlr X, seperti overlay, border, shape, dan sticker.

Keunggulan

  • Alat-alat photo editing yang ramah pemula.
  • Tersedia elemen visual tambahan seperti overlay, border, shape, dan sticker.

Kekurangan

  • Tak tersedia fitur template.

Harga: Gratis, tapi untuk mendapat fitur yang lebih lengkap, kamu bisa mengupgrade ke paket Premium ($4.90/bulan) atau paket Creative Pack ($14.99/bulan).

Baca juga: 10 Daftar Instagram Tools yang Wajib Pebinis Pakai

Gunakan Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Konten Instagrammu!

Di artikel ini, kamu telah melihat berbagai aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik konten Instagram. Mulai dari aplikasi yang gratis hingga aplikasi yang berbayar.

Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya, jika mayoritas fotomu adalah foto makanan, maka kamu bisa menggunakan Foodie. 

Sedangkan jika sebagian besar fotomu adalah foto selfie, Facetune adalah aplikasi yang cocok untukmu.

Nah, visual konten yang menarik memang penting. Tapi sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat akun Instagram yang profesional. 

Penasaran? Kamu bisa mempelajarinya di Bitlabs! 

Ada kursus Instagram Mastery yang akan membimbingmu langkah demi langkah untuk sukses di Instagram. Jadi tunggu apa lagi? Yuk daftar di Bitlabs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ini dia cara cek da dan pa websitemu

Cara Mudah Cek DA dan PA Blog [Terlengkap]

membaca instagram insights

Kupas Tuntas Instagram Insight dan Cara Membaca Datanya