tools business intelligence

10 Rekomendasi Tools Business Intelligence Terpopuler

Business intelligence adalah serangkaian proses mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data bisnis menjadi insight yang bermanfaat. Karena prosesnya yang panjang dan kompleks, diperlukan tools khusus untuk melakukannya.

Kamu sedang belajar business intelligence? Tak perlu bingung. Di artikel ini, kamu bisa menemukan rekomendasi BI tools yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaanmu.

Tak perlu lama-lama, berikut pembahasannya. Baca sampai selesai ya.

Rekomendasi Tools Business Intelligence

Berikut business intelligence tools yang bisa kamu coba:

1. Tableau

Tableau

Tableau merupakan salah satu tool business intelligence paling populer yang digunakan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan tabel. 

Tableau memiliki kemampuan untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan memungkinkan pengguna untuk memilih cara yang tepat untuk memvisualisasikan informasi yang mereka butuhkan. 

Selain itu, Tableau juga memiliki fitur-fitur canggih seperti pilihan berdasarkan lokasi dan kemampuan berbagi informasi secara langsung dengan rekan kerja.

2. Microsoft Power BI

Tool business intelligence dari Microsoft ini mudah digunakan serta menyediakan platform yang lengkap untuk memproses, menganalisis, dan memvisualisasikan data dalam satu tempat. 

Microsoft Power BI memiliki integrasi yang seamless dengan perangkat lunak Microsoft lainnya seperti Excel. Tentu saja ini memudahkan pengguna untuk mengimpor data yang sudah tersedia dalam format yang sudah dikenal. 

Selain itu, Microsoft Power BI juga menyediakan alat yang lengkap untuk analisis data secara interaktif, sehingga memudahkan pengguna untuk membuat laporan dan dashboard yang efektif.

Baca juga: Daftar Rumus Excel Terlengkap

3. QlikView

QlikView adalah Platform business intelligence inovatif yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dan menganalisis data dari berbagai sumber dengan cepat dan mudah. 

QlikView menawarkan kemampuan yang handal dalam pengolahan data dan visualisasi yang sangat interaktif, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan menganalisis informasi yang ada. 

Selain itu, QlikView juga memiliki fitur pencarian global yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi dalam waktu singkat dan memudahkan pengambilan keputusan yang tepat.

4. IBM Cognos Analytics

Inilah alat business intelligence yang terkenal karena kemampuan analitiknya yang canggih. 

IBM Cognos Analytics memungkinkan pengguna untuk menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk data real-time. Lalu, memberikan pandangan yang tepat tentang kinerja bisnis secara keseluruhan. 

Selain itu, IBM Cognos Analytics juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, sehingga memastikan bahwa data sensitif terlindungi dengan baik dan hanya bisa diakses oleh orang yang punya wewenang.

5. SAP Business Objects

SAP Business Objects

SAP Business Objects adalah platform BI yang handal dan terintegrasi. Ia bisa membantu perusahaan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari berbagai sumber secara real-time. 

Alat ini menawarkan berbagai fitur seperti pelaporan, analisis, pemantauan, dan prediksi untuk membantu pengguna dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan akurat. 

SAP Business Objects juga memiliki kemampuan untuk mempercepat periode siklus pengembangan dan peningkatan produktivitas dengan menggunakan alat visualisasi data yang dimiliki.

6. SAS Business Intelligence

SAS Business Intelligence dapat membantu perusahaan dalam urusan mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menganalisis data dari berbagai sumber. Tool ini menyediakan berbagai fitur seperti pelaporan, analisis, eksplorasi data, dan pemodelan prediktif. 

7. Oracle BI

Oracle BI adalah platform BI terintegrasi garapan Oracle yang membantu perusahaan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari berbagai sumber. 

Alat ini menawarkan berbagai fitur seperti pelaporan, analisis, pemantauan, dan prediksi untuk membantu pengguna dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan akurat. Tersedia pula tool visualisasi data yang reliabel. 

8. MicroStrategy

MicroStrategy adalah platform BI yang terintegrasi dan komprehensif yang membantu perusahaan dalam mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari berbagai sumber. Alat ini menyediakan berbagai fitur seperti pelaporan, analisis, pemantauan, dan prediksi untuk membantu pengguna dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan akurat. 

MicroStrategy juga memiliki kemampuan untuk menyediakan visualisasi data yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk membangun dan membagikan dashboard yang menarik dan informatif.

9. TIBCO Spotfire

Inilah platform BI yang menggabungkan data visualisasi, analisis prediktif, dan real-time streaming analytics. Spotfire menawarkan kemampuan yang mudah digunakan dan fleksibel, serta dapat diintegrasikan dengan berbagai sumber data seperti Excel, SQL, dan file teks.

10. Pentaho

Pentaho

Merupakan platform BI open source yang menyediakan fitur seperti reporting, data integration, OLAP analysis, dan data mining

Dengan menggunakan Pentaho, pengguna dapat mengakses dan memanipulasi data dari berbagai sumber, mengembangkan laporan, dan menganalisis data dengan mudah dan cepat. Selain itu, Pentaho juga mendukung integrasi dengan berbagai sistem database dan data warehousing.

Mana Tool Business Intelligence yang Kamu Pilih?

Business intelligence memang merupakan proses yang panjang dan kompleks. Maka dari itu, jangan sampai kamu salah memilih platform untuk melakukannya. 

Salah-salah, kamu bisa membuat pekerjaanmu tambah banyak dan lama karena perlu bolak-balik integrasi dan mengolah data.

Nah, kalau mau lebih yakin lagi… yuk belajar bareng di Bootcamp Data Analytics – Engineering Bitlabs! Di sini kamu juga akan praktik mengelola data dan menganalisisnya ala-ala business intelligence analyst.

Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

teknik analisis data

Teknik Analisis Data: Pengertian dan Metode yang Wajib Kamu Tahu

business intelligence adalah

Apa itu Business Intelligence? Peran dan Skill yang Dibutuhkan