pengolahan data

Apa itu Pengolahan Data? Berikut Pengertian serta Manfaatnya!

Saat ini, data kerap disebut sebagai salah satu “harta” yang paling bernilai di abad ke-21. Dengan catatan, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Itulah kenapa kamu harus belajar tentang proses pengolahan data.

Analoginya begini: Data sama seperti bahan baku masakan. Jika kamu tidak belajar cara mengolahnya, tentu kamu tak akan bisa mengubahnya menjadi hidangan yang lezat, kan?

Oleh karena itu, di sini kita akan mengupas tuntas tentang dasar-dasar pengolahan data. Sudah siap? Yuk kita mulai!

Apa itu Pengolahan Data?

Pengolahan data adalah suatu proses pengubahan data mentah menjadi informasi yang bermanfaat. 

Contoh gampangnya seperti ini. Misalkan kamu mengumpulkan data penjualan dari suatu tim sales, dan kamu mengumpulkan datanya selama tiga bulan berturut-turut.

Setelah datanya terkumpul, kamu dihadapkan pada barisan angka penjualan dari masing-masing anggota tim selama 90 hari. Hal ini tentu membuatmu bingung, kan?

Akhirnya, kamu pun mengolah data penjualannya di Excel. Setelah menggunakan beberapa rumus, kamu pun akhirnya mendapat banyak info baru. Contohnya seperti:

  • Total penjualan yang diperoleh selama tiga bulan terakhir.
  • Performa tiap anggota tim setiap bulannya.
  • Anggota tim yang berhasil mencatat angka penjualan tertinggi.
  • Rata-rata penjualan per bulannya.

Dan lain sebagainya. Berbagai informasi ini bisa kamu manfaatkan untuk menentukan keputusan strategis tim kedepannya.

ilustrasi mengelola data di laptop

Nah, kurang lebih itulah gambaran umum dari proses pengolahan data. Lalu, kenapa sih kamu wajib mengetahui proses pengolahan data? Dan apa manfaatnya untuk bisnismu? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Pengolahan Data?

Berikut adalah beberapa fungsi pengolahan data yang perlu kamu ketahui:

  • Penyortiran – Kamu bisa memilah data agar lebih terorganisir. Jadi, data yang kamu olah sudah tersimpan sesuai dengan jenis dan kategorinya masing-masing.
  • Validasi –  Kamu dapat memastikan bahwa data yang diolah memang betul-betul valid dan kredibel. Sehingga, informasi yang didapat akan lebih akurat.
  • Peringkasan –  Kamu bisa menghapus data yang sekiranya kurang relevan dengan riset yang kamu lakukan. Sehingga datanya menjadi lebih teratur dan tidak berantakan.
  • Analisis – Ini adalah fungsi terpenting dari proses pengolahan data. Karena di sinilah kamu menggali informasi dari kumpulan data yang kamu miliki.
  • Visualisasi – Agar data yang kamu olah lebih mudah untuk dipahami, kamu dapat melakukan visualisasi data. Baik dalam bentuk laporan, grafik, dan sejenisnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana proses pengolahan data berfungsi untuk membuat data mentah menjadi informasi yang bermanfaat. 

Bicara soal manfaat, apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui pengolahan data? Berikut di antaranya:

  • Meningkatkan daya saing – Jika kamu mampu memanfaatkan data dengan baik, maka kamu akan tahu cara terbaik untuk mengungguli para kompetitor.
  • Menambah produktivitas – Dengan mengolah data, kamu bisa memperoleh informasi secara cepat dan akurat. Hal ini dapat berdampak positif pada kinerja dan produktivitas bisnismu.  
  • Kemudahan dalam mengakses informasi – Kapanpun kamu membutuhkan informasi terkait wawasan bisnis, kamu bisa menemukannya dengan mudah di database.
  • Mendokumentasikan informasi – Setiap proses pengolahan data pasti diakhiri dengan pembuatan laporan. Sehingga, kamu bisa menjadikannya rujukan saat melakukan pengambilan keputusan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa teknik pengolahan data itu penting? 

Selanjutnya, mari kita bahas tentang beberapa tahap yang mesti dilewati saat proses pengolahan data.

Apa Saja Tahapan dalam Proses Pengolahan Data?

Pada dasarnya, proses pengolahan data bisa bervariasi, tergantung orang atau bisnis yang mengeksekusinya. Ada yang melakukannya dalam empat tahap, hingga enam tahap

Walau demikian, berikut adalah beberapa tahap yang paling umum dilakukan saat mengolah data:

  1. Pengumpulan data – Pertama-tama, kamu perlu mengumpulkan data dari berbagai sumber, biasanya proses ini disebut juga sebagai data mining.
  2. Penyimpanan data – Setelah mendapatkan data yang diinginkan, kamu harus menyimpan datanya di database.
  3. Penyortiran data – Sekarang kamu akan dihadapkan pada sekumpulan data mentah yang berantakan. Jadi, kamu perlu menyortir data sesuai klasifikasi dan kategorinya. Di bagian ini, kamu juga harus menyaring data yang tidak relevan.
  4. Analisa data – Setelah datanya tersusun dengan rapi, sekarang kamu bisa menganalisa datanya agar mendapat informasi yang diinginkan.
  5. Presentasi data – Terakhir, informasi yang kamu dapat bisa diubah ke dalam format yang lebih mudah untuk dipahami. Contohnya seperti dokumen laporan, tabel, atau infografik.

Apa Saja Metode Teknik Pengolahan Data?

Tahukah kamu? Pengolahan data juga bisa dibedakan berdasarkan metodenya lho. Berikut adalah beberapa contoh metode yang kerap digunakan saat mengolah data:

  • Metode manual – Ini adalah metode pengolahan data paling tradisional. Jadi, kamu tidak menggunakan perangkat apapun. Contohnya, saat kamu mengolah data yang ada di dokumen fisik.  
  • Metode mekanik – Dalam metode ini, kamu menggunakan perangkat sederhana untuk mengolah data, contohnya seperti kalkulator. 
  • Metode elektronik – Ini adalah metode pengolahan data yang paling cepat dan akurat. Jadi, kamu menggunakan perangkat dan software, contohnya seperti Microsoft Excel.

Baca juga: Daftar Rumus Excel Terlengkap untuk Menunjang Pekerjaanmu [Terbaru!]

4 Output yang Umumnya Dihasilkan Setelah Mengolah Data

Di atas, kamu sudah tahu bahwa tahap akhir dalam proses pengolahan data adalah presentasi data. Otomatis, ada output yang ditampilkan pada tahap tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh output yang ditampilkan saat presentasi data:

  1. Grafik dan diagram
  2. Dokumen berisi teks
  3. Tabel
  4. Gambar (Infografik)
ilustrasi melakukan pengolahan data di atas kertas

Tapi, format yang ditampilkan saat presentasi data tidak terbatas pada keempat pilihan tersebut kok. Karena, masih banyak cara lain untuk melakukan visualisasi data, contohnya melalui video atau peta data.

Ingin Belajar Lebih Lanjut tentang Ilmu Data?

Oke, sekarang kamu sudah tahu wawasan dasar tentang teknik pengolahan data. Intinya, dengan memahami cara mengolah data yang baik, kamu akan bisa memanfaatkan data yang kamu miliki semaksimal mungkin.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang cara memanfaatkan potensi data, kamu bisa gabung Komunitas Data Science Bitlabs Academy di Discord!

Di sana, kamu bisa mendapatkan banyak wawasan baru terkait ilmu data, kamu juga bisa saling berbagi dengan teman-teman lain yang sama-sama passionate di dunia data. 

Tunggu apa lagi? Yuk klik banner di bawah untuk gabung komunitasnya!

banner discord data science bitlabs

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0
pengertian dataset

Apa itu Dataset? Berikut Pengertian, Contoh, serta Jenis-jenisnya!

netflix vs disney

Netflix vs Disney Plus, Mana yang Lebih Oke?