rekomendasi buku untuk Fresh Graduate

11+ Rekomendasi Buku untuk Fresh Graduate

Kalau kamu fresh graduate yang sedang mencari rekomendasi buku bacaan tentang produktivitas dan memulai karier, kamu datang di artikel yang tepat.

Satu mindset yang perlu tertanam sejak awal: karier tidak melulu soal pekerjaan.

Kenapa? Sebab kalau karier hanya diidentikkan dengan pekerjaan, kamu tidak ubahnya robot yang melakukan aktivitas monoton. Kalau sudah begitu, yang terasa hanyalah capek—apalagi di periode campuran work from home/office gara-gara pandemi saat ini.

Di situ kamu harusnya bisa ikut merasakan kepuasan, mengembangkan diri, sekaligus meningkatkan keahlian yang dimiliki.

Maka, rekomendasi buku-buku di bawah tidak hanya fokus pada dunia kerja, tetapi juga bagaimana meningkatkan kapasitas diri. 

12 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Dibaca Fresh Graduate

Sudah nggak sabar? Yuk langsung cek daftar berikut dan jangan lupa masukkan di wishlist~

1. Designing Your Life

Designing Your Life

Judul buku karya Bill Burnett dan Dave Evans bisa dibilang sangat pas dengan artikel ini. Di sini kamu akan belajar tentang perihal “mendesain hidup” sekaligus membangun sistem yang cocok dengan ritme kerjamu.

Pembahasannya dimulai dengan kilas balik tentang apa sih tujuan hidupmu. Dari situ, kamu akhirnya bisa mulai belajar membuat perencanaan untuk mencapainya secara produktif. Tenang, semuanya bisa diatur sedemikian rupa sehingga bisa seiring dengan rutinitas.

Karena masih belajar, tentu akan ada banyak jatuh bangun di tengah jalan. Tenang, itu hal yang wajar. Jadi, alih-alih memendam aspirasimu, kamu akan dibimbing agar berani mengejarnya tanpa pandang usia. Terdengar klise? Memang. Akan tetapi realita saat ini—terutama di dunia kerja—begitulah adanya.  

Di buku ini kamu akan menemukan banyak strategi yang bisa dipraktikkan. Jika satu rencana tidak berhasil, jangan ragu untuk merombaknya dan coba lagi.

2. What Color is your Parachute?

What Color is your Parachute

Buku ini ditulis oleh Richard Bolles. Selain judulnya yang menggelitik, ternyata buku ini juga laris manis di pasaran. Setidaknya ia sudah terjual 10 juta eksemplar.

Bolles di sini menerangkan tentang banyak hal terkait karier. Mulai dari bagaimana caranya meraih pekerjaan yang diidam-idamkan, hingga ke bagaimana cara menggunakan media sosial dengan sehat.

Tenang, buku ini rutin di-update dengan bab-bab baru—menyesuaikan dengan perkembangan—sehingga panduan yang diberikan pun akan terus relevan. Cocok buatmu yang sedang berada di fase mencari pekerjaan.

3. Do What You Are

Do What You Are rekomendasi buku 2

Mau tau tagline buku ini apa? “Discover the perfect career for you through the secrets of personality type”.

Karya Paul Tieger, Barbara Barron, dan Kelly Tieger ini ringkas dan langsung menyasar ke inti yang dicari orang-orang.  

Selama ini masih banyak orang yang tidak tahu kelebihannya di bidang apa. Kalau sudah begitu, menentukan karier yang ingin dijalani pun jadi tambah membingungkan. Salah-salah, hal itu malah bisa menyiksa.

Tidak mau bikin orang makin bingung, buku “Do What You Are” akan membimbingmu untuk menyibak sebenarnya kamu itu tipe kepribadiannya yang seperti apa sih? Dari situ kemudian akan ada pilihan karier yang populer dengan tipe-tipe tertentu.

Masih kurang? Di dalamnya juga ada tips bagaimana mencari pekerjaan seefisien mungkin.

4. Resume Magic

Resume Magic rekomendasi buku 2

Di dunia karier, membahas Curriculum Vitae kayak nggak ada habisnya. Bahkan tak sedikit orang yang bela-belain nyari pengalaman, magang, kerja, dan sebagainya cuma biar CV-nya kelihatan bagus.

Nah, Resume Magic ini ditulis oleh penulis CV profesional, Susan Britton Whitcomb. Sudah tentu di dalamnya akan penuh dengan tips dan trik bagaimana caranya mengubah CV yang “kering” jadi lebih menarik dan asyik.

Kamu kira ngomongin CV cukup dengan pembahasan pendek? Jangan salah, Whitcomb menuntaskan buku ini setelah berpanjang lebar sekira 600 halaman!

Hah? Itu buku atau bantal?! Yang bikin tebal karena buku ini membahas seluk beluk CV, teknik-teknik optimalisasinya, hingga contoh-contoh yang bisa langsung ditiru.Jadi meski tebel banget, kamu nggak bakal menyesal menguliknya.

5. Presence

Presence rekomendasi buku

Amy Cuddy menulis Presence dengan tujuan untuk membantu orang-orang mengembangkan soft skills.

Di mana pun, impresi pertama ketika bertemu orang itu penting. Kamu ingin agar interaksinya terasa tulus sekaligus berisi. Nah, soft skills-lah yang berperan besar dalam membangun keahlian tersebut.

Cuddy yang seorang profesor di Harvard bakal membimbingmu untuk memperbaiki banyak hal di bidang ini. Mulai dari gestur tubuh hingga caramu berpikir ketika menghadapi tantangan besar.Isi buku ini berdasarkan berbagai penelitian panjang, tapi tenang saja karena penyajiannya enak buat diikuti pembaca umum.

Baca jugaSupaya Tidak Tersesat, Inilah 10 Rekomendasi Buku Digital Marketing

6. The Ultimate Guide to Job Interview Answers

The Ultimate Guide to Job Interview Answers rekomendasi buku

Apakah kamu termasuk orang yang gugup ketika harus menghadiri wawancara kerja? Jangan lewatkan buku karya Peggy McKee ini.

Tidak tanggung-tanggung, buku ini sebenarnya terdiri dari empat volume yang dijadikan satu. Dua volume awal mengulas tentang pertanyaan wawancara kerja.

Di situ kamu akan mendapati sebenarnya apa sih jawaban yang dicari oleh di pewawancara lengkap dengan contoh-contohnya. Tentu saja tips dan triknya ikut disisipkan di situ.

Selanjutnya volume ketiga berisikan panduan tentang pertanyaan-pertanyaan apa yang seharusnya kamu tanyakan ke pewawancara. Di sesi wawancara, banyak lho yang bingung tentang bagian ini—dan akhirnya nggak tanya apa-apa.

Terakhir, volume keempat membahas tentang wawancara jarak jauh yang menjadi tren dari hari ke hari. Kamu akan menemukan banyak pengetahuan baru agar wawancara lewat telepon maupun video chat bisa berjalan dengan mulus.

7. So Good They Can’t Ignore You

So Good They Can’t Ignore You rekomendasi buku

Orang kalau udah nyaman bawaannya pengen stabil di situ-situ saja. Padahal, menurut Cal Newport yang menulis buku berjudul antik ini, mengembangkan keahlian baru jauh lebih penting dan memuaskan untuk karier.

Buku So Good They Can’t Ignore You berisikan banyak wawancara dengan orang-orang sukses beragam profesi. Mulai dari petani, freelancers, hingga para penyuntik modal. Dari situ kamu bisa belajar tentang strategi-strategi yang mereka terapkan hingga sukses di karier dan kehidupan.

8. Never Eat Alone: and Other Secrets to Success

never eat alone

Keith Ferrazzi menulis buku ini yang berfokus pada topik hubungan interpersonal. Suka nggak suka, relasi dengan orang lain itu penting dalam pengembangan karier. Koneksi dengan orang yang tepat dapat membuka banyak peluang tak terduga.

Alhasil, ketika kamu tahu caranya bersosialisasi dengan kolega, berkomunikasi dengan atasan, maupun melakukan negosiasi dengan klien, artinya kamu sudah sekian langkah di depan kebanyakan orang.

Bagaimana kalau ternyata kamu seorang introvert? Buku ini tidak melupakanmu. Ada panduan yang sangat cukup di buku ini sehingga langkahmu bisa lebih ringan dan nyaman.

9. How To Win Friends and Influence People

How To Win Friends and Influence People

Rasa-rasanya tiap orang yang meniti karier pernah mendengar buku karya Dale Carnegie ini. Klasik.

Buku ini telah terjual lebih dari 15 juta eksemplar dan terus diperbincangkan bahkan setelah 80 tahun sejak pertama kali terbit. Apa sih isinya?

Di dalamnya kamu akan belajar tentang enam langkah agar orang-orang menyukaimu. Terdengar sepele tetapi nyatanya banyak orang yang tidak tahu bagaimana melakukannya. Itu saja? Tentu tidak.

Ada juga 12 cara membikin orang agar mengikuti cara berpikirmu, sembilan cara mengubah orang secara beradab, dan banyak tips-trik lainnya.

Melalui buku ini, Carnegie sukses mewariskan petuah yang telah membantu jutaan orang agar kehidupan personalnya imbang dengan karier yang dijalani.

10. The Confidence Code: The Science and Art of Self Assurance – What Women Should Know

The Confidence Code

Katty Kay dan Claire Shipman paham bahwa rasa percaya diri itu berlian di dunia kerja. Kalau kamu pede, pintu-pintu kesempatan bakal terbuka lebar—bahkan tanpa kamu harus memintanya.

Buku ini ditujukan untuk para perempuan karier supaya bersinar dan punya nilai tawar tinggi di tempat kerjanya. Satu hal yang pasti, rasa percaya diri bukanlah bawaan orok. Melainkan bisa dipelajari oleh siapa pun yang mau. Buku ini memberimu cara mempelajarinya.

11. Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity

Getting Things Done

Rasanya dikejar-kejar deadline itu nggak enak. Nggak enak banget. Akan tetapi, di suatu waktu, kamu pun pasti pernah dengan sengaja menunda-nunda pekerjaan. Nah, David Allen memotret hal itu dalam buku ini.

Produktivitas adalah “standar” ukuran di dunia kerja. Kamu layak atau tidak dipertahankan oleh perusahaan biasanya menggunakan penilaian ini sebelum memutuskan. Kenapa? Sebab produktivitas dapat meningkatkan jiwa kompetitif.

Kalau kamu saat ini kesulitan dalam mengorganisasi banyak hal, atau merasa kewalahan mengimbangkan urusan pribadi dan karier, rekomendasi buku ini layak kamu baca agar kamu bisa kembali memegang kemudi.  

12. Filosofi Teras

Filosofi Teras

Henry Manampiring menulis buku ini setelah bergelut dengan “negativisme” yang semakin kuat menekan dirinya dari hari ke hari. Setelah mendatangi psikiater, ternyata ia divonis kena depresi mayor.

Semenjak itu, ia mencoba menambah pengetahuan tentang gangguan mental lebih dalam. Salah satu bacaan yang ditemui adalah How to Be a Stoic karya Massimo Pigliucci. Dari sana, ia mendalami stoic lebih jauh karena ternyata ampuh mengatasi depresinya.

Pengalaman dan pembelajaran panjang itu akhirnya dituangkan dalam Filosofi Teras.

Buku ini relevan dengan kondisi saat ini karena memang situasinya semakin umum terjadi. Tidak sedikit orang yang depresi, mudah stres, bahkan gampang marah.  

Kamu akan diajak untuk membedah mana hal-hal yang  bisa dikontrol dan yang tidak. Dari situ, kamu akan mulai bisa mengurai benang-benang kusut satu per satu agar hidup lebih tenang dan bahagia.

Mana Buku Rekomendasi yang Mau Kamu Baca Duluan?

Masih ada banyak buku yang pas buat fresh graduate. Namun,12 judul di atas layak kamu dahulukan agar punya gambaran yang cukup tentang pengembangan karier dan cara mengimbanginya di kehidupan personal.

Ingat, tidak perlu buru-buru menamatkan semua judulnya. Mulailah dari yang topiknya paling menarik perhatianmu atau yang paling “mendesak” untuk dipahami. Dengan begitu, esensinya pun akan dapat diserap dengan lebih baik.

Apakah kamu punya rekomendasi buku lain?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

daftar rumus excel yang wajib kamu pahami

Daftar Rumus Excel Terlengkap untuk Menunjang Pekerjaanmu [Terbaru!]