buku digital marketing

Supaya Tidak Tersesat, Inilah 10 Rekomendasi Buku Digital Marketing

Digital marketing begitu menggiurkan lima tahun belakangan. Layaknya ilmu lain, kalau mau menguasai bidang ini, kuncinya adalah jangan pernah capek untuk belajar. Apalagi ini ada di ranah “digital” yang sangat cepat siklus perkembangannya. 

Salah satu tips termudah adalah dengan rajin membaca buku digital marketing. Bagaimanapun, kamu harus paham dasar-dasarnya, tahu praktiknya, hingga nanti mampu bereksperimen dengan sendirinya. 

Untuk itu, Bitlabs rekomendasikan 10 judul buku tentang digital marketing yang bisa kamu lahap kapan saja. Ini dia daftarnya:

1. Digital Marketing For Dummies

Sampul Digital Marketing For Dummies

Seri buku “For Dummies” telah mengangkat banyak topik menarik, salah satunya adalah tentang digital marketing. 

Buku yang ditulis oleh Ryan Deiss dan Russ Henneberry ini merangkum konsep-konsep dasar digital marketing secara komplit. 

Bagaimana tidak? Digital Marketing For Dummies akan memperkenalkanmu pada cara pikir pelanggan, cara menciptakan kampanye marketing, serta contoh tawaran penjualan yang menggiurkan. 

Selesai dari situ, buku ini juga akan membahas soal content marketing, bisnis blog, dan bahkan kamu juga dikasih bonus ide-ide konten. 

Kalau hal-hal dasar di atas sudah tuntas, kamu kemudian dibawa ke bahasan cara mendatangkan traffic ke website lewat berbagai metode. Selain itu, buku ini pun memberikan berbagai macam tips agar strategi marketing-mu minim sandungan di tengah jalan. 

2. Digital Marketing

 

Sampul Digital Marketing

Berbicara tentang digital marketing rasanya kurang lengkap kalau belum membaca buku dengan judul sesederhana: Digital Marketing

Buku ini ditulis oleh Dave Chaffey serta Fiona Ellis-Chadwick. Mereka membeberkan seluruh elemen digital marketing secara blak-blakan. Pokoknya semua hal mulai dari internet, media digital, maupun teknologi marketing yang berhubungan dengan pemasaran digital yang terintegrasi ada di sini. 

Buku ini cukup rutin di-update, jadi jangan lupa untuk pilih edisi terbaru sebelum membaca bukunya. 

3. SEO for Beginners: An Introduction to SEO Basics

Sampul SEO for Beginners: An Introduction to SEO Basics

Apalah digital marketing tanpa search engine optimization (SEO). Ibarat silsilah keluarga, SEO udah kayak sesepuh di bidang ini. 

Saking penting dan seringnya penggunaan SEO, Search Engine Journal (SEJ) pun merilis SEO for Beginners: An Introduction to SEO Basics di 2017. 

Ada tujuh bab di dalamnya yang mengupas tuntas tentang dunia per-SEO-an. Mulai dari sejarah, istilah-istilah yang dipakai, tools, hingga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang SEO yang sering muncul. 

Lebih menariknya lagi, buku ini GRATIS-TIS-TIS!

Baca juga: Apa itu SEO? Pemula Ayo Belajar dari Sini!

4. Google AdWords for Beginners: A Do-It-Yourself Guide to PPC Advertising

Sampul Google AdWords for Beginners

AdWords milik Google adalah salah satu pasar periklanan digital terbesar saat ini. Tentu hal itu tidak mengherankan, sebab Google sendiri masih menjadi mesin pencarian paling banyak digunakan di seluruh dunia. 

Untuk awam, AdWords tampak membingungkan. Untungnya, kamu bisa mempelajarinya dalam satu genggaman—tanpa perlu riset sendiri satu per satu—lewat buku garapan Corey Rabazinski ini. 

Elemen-elemen AdWords dijabarkan dengan bahasa yang gampang dicerna. Bahkan dilengkapi pula dengan tips copywriting, riset keywords, serta optimalisasi kampanye iklan. 

5. The Age of Influence

Sampul The Age of Influence

Sama halnya dengan pemasaran tradisional, digital marketing pun berkutat pada “pengaruh”. Bedanya, influence di internet terasa lebih dekat dan personal. 

Neal Schaffer lewat bukunya The Age of Influence mendalami fenomena ini. Ternyata, pengaruh di dunia digital itu tidak sesederhana kelihatannya. 

Kalau kamu tertarik untuk memahami para influencers dan bagaimana cara terbaik untuk “berkolaborasi” dengan mereka—sehingga usaha marketing-mu top cer—baca buku ini. 

6. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital

Sampul Marketing 4.0

Tidak perlu basa-basi. Buku ini ditulis oleh Philip Kotler bersama dengan bapak marketing Indonesia Hermawan Kartajaya serta Iwan Setiawan. Sudah pasti jaminan mutu.

Marketing 4.0 membahas bagaimana dunia marketing berubah dari tradisional ke digital dan bagaimana prospek ke depannya. 

Ujung-ujungnya, kamu akan dibimbing perihal bagaimana memahami perilaku konsumen modern dan cara meraup lebih banyak klien.

7. The Big Data-Driven Business: How to Use Big Data to Win Customers, Beat Competitors, and Boost Profits

Sampul The Big Data-Driven Business

Selain istilah digital marketing, ada lagi anak emas internet: big data. Big data digadang-gadang akan jadi faktor utama pengambilan keputusan di berbagai bidang—terutama bisnis.  

Tidak mau menunda-nunda, dua orang di balik marketing LinkedIn, Russell Glass dan Sean Callahan, berbicara panjang lebar tentang potensi big data untuk bisnis modern melalui buku The Big Data-Driven Business

Beragam bahasan ada di sini. Mulai dari manfaat big data, evolusi perhatian pelanggan dan cara memahami perilaku mereka, hingga (tentu saja) bisnis berbasis data. 

Sederhananya, Glass dan Callahan memberi gambaran tentang bagaimana teknologi dapat menjembatani jurang antara marketing dan penjualan. Tak lupa, mereka pun memberikan contoh-contoh kasus di perusahaan modern seperti Apple, DocuSign, Blackberry, bahkan Netflix. 

8. Introduction to Algorithmic Marketing: Artificial Intelligence for Marketing Operations

Sampul Introduction to Algorithmic Marketing

Sempet nggak sih kamu ngerasa ketakutan sendiri karena rekomendasi konten di sosmedmu terlalu akurat? Iseng browsing sepatu, eh sosmedmu jadi banyak iklan sepatu?

Nah, apa yang kamu alami itu disebabkan oleh algoritma. Algoritma sengaja dibuat agar kita melihat konten yang kita sukai. Dan algoritma ini, memang memegang peranan sangat besar di dunia digital.

Dalam buku Introduction to Algorithmic Marketing, kamu akan belajar bagaimana algoritma bekerja di bidang marketing. Buku ini sendiri ditulis oleh Ilya Katsov, seorang kepala data science di Grid Dynamics. Ia juga merangkap menjadi konsultan untuk banyak perusahaan besar di dunia seperti Apple, T-Mobile, Verizon, dan sebagainya.

Di buku ini dia membocorkan peran artificial intelligence (AI) di bidang marketing modern. Ternyata ada banyak teknik prediksi yang digunakan oleh perusahaan besar yang berguna untuk mendorong promosi. iklan, pencarian e-commerce, rekomendasi konten tertarget, hingga strategi pematokan harga. Menarik banget, kan? 

9. Digital Branding: A Complete Step-by-Step Guide to Strategy, Tactics, Tools and Measurement

Sampul Digital Branding

Kalau kamu berpikir bahwa digital marketing cuma berguna buat jualan, kamu harus segera mengubah anggapan itu. 

Di pemasaran digital juga ada yang namanya digital branding. Daniel Rowles merangkumnya dalam buku Digital Branding yang mencakup bahasan tentang content marketing, media sosial, SEO dan analisis web, hingga tips-tips perencanaan digital untuk menghasilkan kampanye yang efektif. 

10. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing

Sampul Digital Marketing Strategy

Digital marketing bukan cuma kegiatan sekali coba. Oleh karenanya, strategi yang tepat, jangka panjang,  dan tidak asal-asalan sangatlah dibutuhkan. 

Buku Digital Marketing Strategy garapan Simon Kingsnorth bisa kamu gunakan sebagai panduan. Kamu akan diperkenalkan dengan beragam strategi guna mengelola kanal-kanal yang dimiliki untuk digital marketing. 

Semuanya dirangkum dalam tiga konsep kunci: perencanaan, terintegrasi, dan terukur. 

Baca juga: 7+ Skill Digital Marketer yang Banyak Dicari Perusahaan

***

Itulah 10 rekomendasi buku digital marketing dari Bitlabs. Tentu saja masih ada banyak judul lain yang bisa kamu temukan dan baca-baca. Akan tetapi, daftar di atas setidaknya telah merangkum berbagai aspek dari pemasaran digital itu sendiri. Apakah kamu punya rekomendasi buku lainnya? 

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

perbedaan ui dan ux

Mengenal Perbedaan UI dan UX Desain yang Sedang Naik Daun

search engine

Apa itu Search Engine? Si Mesin Ajaib Penguasa Internet