netflix vs disney

Netflix vs Disney Plus, Mana yang Lebih Oke?

Kamu ngerasa layanan streaming film di Indonesia makin banyak? Nggak salah, kok! Apalagi pandemi COVID-19 bikin kita harus pintar-pintar cari hiburan dari rumah. Ya, nggak heran kalau layanan streaming bukan cuma makin banyak tapi juga makin digemari.

Nah, dua layanan yang cukup populer adalah Netflix dan Disney+ Hotstar. Di antara keduanya, mana sih yang paling oke dan worth it?

Daripada bingung-bingung, yuk simak hasil riset dari Muhammad Abiansyah (alumni Data Science Career Acceleration Program dari Bitlabs).

Apa itu Netflix?

Netflix adalah platform streaming film online yang berasal dari Amerika Serikat. Platform yang satu ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1997 dengan format rental kaset pada umumnya. Di tahun 2007-2012 mulai beralih menjadi platform streaming online. 

Di tahun 2013, Netflix mulai agresif membangun program dan merilis film-film produksinya sendiri. Hingga pada akhirnya di tahun 2018, Netflix gencar melakukan ekspansi ke pasar internasional.

Saat ini, terdapat 221,8 juta orang yang berlangganan Netflix. Mereka tersebar hampir di seluruh negara kecuali Cina, Iran, Syria, Korea Utara, dan Krimea.

Baca juga: Studi Kasus Netflix: Raih Ratusan Juta Pengguna Berkat Big Data

Apa itu Disney+ Hotstar?

Disney+ adalah platform streaming film online yang belum lama berdiri. Platform yang juga berasal dari Amerika Serikat ini baru mengudara pada 12 November 2019. Meski begitu, per awal Januari 2022, jumlah usernya sudah melebih 129,8 juta.

Platform streaming ini fokus dikembangkan untuk mendistribusikan berbagai film dan tv series keluaran The Walt Disney Studios dan Walt Disney Television. Jadi, kamu bisa menemukan berbagai tontonan dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan National Geographic di sini.

Perbandingan Netflix vs Disney Plus Lewat 4 Indikator

Di bawah ini, kamu bisa baca perbandingan antara Disney vs Netflix secara lebih lengkap.

Netflix vs Disney Plus: Jumlah Film

Salah satu hal yang jadi pertimbangan ketika memilih layanan streaming adalah banyaknya pilihan tontonan.

Kalau dibandingkan sekilas, Netflix jelas jadi juaranya. Karena sudah beroperasi dari Januari 2016, Netflix punya sekitar 6.131 film di databasenya. Jauh dengan Disney+ yang baru muncul di September 2020 dan baru punya 1.052 film.

Tapi, biar adil nih ya. Kita coba bandingkan jumlah film dari Netflix dan Disney+ sejak September 2020.

Kalau dilihat begini, tetap saja Netflix punya jumlah film lebih banyak dibandingkan Disney+. Jika ditotal dalam setahun Netflix bisa menambahkan 1.428 film. Sedangkan, Disney+ hanya 256 film.

Dengan gap yang sangat jauh, tidak heran kalau rata-rata film yang ditambahkan per bulannya juga tidak jauh berbeda. Per bulan, Netflix bisa menambahkan 110 judul film baru dan Disney+ hanya mampu menambah 20 judul saja.

Netflix vs Disney Plus: Rilis Film Baru

Selain banyaknya film secara umum, jumlah rilis film baru juga jadi hal penting dalam memilih platform streaming.

Kalau menurut riset Muhammad Abiansyah, selama tahun 2021 Netflix merilis 277 judul film baru di platformnya. Beda dengan Disney+ yang hanya merilis 70 judul film baru.

Netflix vs Disney Plus: Selera Audiens

Kadang-kadang, memilih platform streaming film bukan cuma urusan banyak-banyakan jumlah film. Apalagi kalau kamu mau langganan streaming untuk rame-rame. Tentu ada hal lain yang perlu dipertimbangkan, rating film menurut umur misalnya.

Menurut riset, kebanyakan tontonan di Netflix ditujukan untuk dewasa muda (young adult) dan dewasa (adult). Itu kenapa durasi film yang ada di Netflix juga relatif cukup panjang, yaitu lebih dari satu jam.

Kalau di Disney+, kebanyakan filmnya ditujukan ke anak-anak. Bahkan 55,5% filmnya ditujukan untuk audiens 0-6 tahun. Itu mungkin kenapa durasi film di DIsney+ lebih beragam. Mulai dari yang kurang dari 25 menit sampai yang lebih dari sejam.

Netflix vs Disney Plus: Harga

Nah, sampai kita ke pembahasan yang paling ditunggu, sob! Kalau dilihat dari harga, Disney Plus vs Netflix, worth it yang mana sih?

Dengan ongkos langganan Rp156.000 per bulan, kamu kira-kira akan bayar Rp1.418 untuk nonton satu film. 

Nah, kalau Disney+ yang biayanya Rp39.000 per bulan, kamu ngeluarin Rp1.950 untuk nonton satu filmnya.

Baca juga: Studi Kasus Walmart: Meningkatkan Penjualan dengan Bantuan Big Data 

Disney vs Netflix, Jadi Pilih yang Mana Nih?

Biar nggak bingung-bingung lagi, ini key takeaways yang bisa kamu ambil dari artikel ini.

Netflix cocok untuk kamu yang suka banyak pilihan nonton film. Apalagi karena Netflix rajin banget update dan rilis film baru. Jumlah film ini kalau disandingkan sama harga langganannya jadi worth it.

Disney+ cocok untuk kamu yang nggak terlalu mempermasalahkan banyaknya film di platform. Terus, Disney+ juga akan cocok buat kamu yang punya anggota keluarga yang masih anak-anak. Dari harga, biaya langganan Disney+ masih sangat terjangkau kok.

Jadi, gimana nih? Kamu udah mantap kan mau pilih layanan streaming film yang mana?

Baca juga: Big Data dan Perannya Membentuk LinkedIn yang Sekarang

Belajar Data Science, Bisa Bikin Analisis Sekeren Ini!

Artikel ini adalah hasil olahan riset dari alumni Data Science Career Acceleration Program dari Bitlabs. Keren, kan?

Kamu mau bisa bikin riset sekeren ini juga? Yuk belajar data science dengan pakarnya! Nggak usah susah-susah atau mahal-mahal. Gabung aja dulu ke komunitas belajar data science di Discord Bitlabs.

Join ya!

banner discord data science bitlabs

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0
pengolahan data

Apa itu Pengolahan Data? Berikut Pengertian serta Manfaatnya!

triangulasi

Apa itu Triangulasi? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Penelitian Kualitatif!