work from home

10 Tips Memulai Work From Home

Work from home mudah itu bukan mitos, lho. Akan tetapi, tentu saja kamu butuh uji coba dan taktik khusus agar semuanya berjalan lancar.

Karakteristik kerja jarak jauh (remote working) ini berbeda dengan kerja kantoran. Di kantor umumnya kamu harus mengikuti aturan standar berpakaian, bekerja langsung dalam tim, waktu istirahat sudah dijadwalkan, dan sebagainya. Pokoknya banyak aturan.

Sedangkan, remote working dilakukan secara online, lokasinya terserah kamu, jadwalnya pun fleksibel. Enak banget nggak sih kesannya?

Padahal, bagi orang yang sebelumnya terbiasa kerja di kantor, mengganti ritme menjadi seperti ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagaimana caranya supaya kerja online bisa berjalan efektif? Sepuluh tips berikut ini layak kamu coba.

http://blog.1password.com

1. Atur tempat kerjamu senyaman mungkin

Remote workers pemula sering melakukan kesalahan di bagian ini. Meskipun tidak di kantor, usahakan tempat kerjamu di rumah punya atmosfer “kerja”.

Mengapa? Sebab tidak sedikit yang kemudian memilih bekerja di tempat tidur. Itu memang nyaman, tetapi bisa bikin tidak produktif. Bawaannya ngantuk dan pengin rebahan terus-terusan.

Jalan keluarnya, sediakan meja khusus dengan pencahayaan yang baik. Jangan lupa siapkan juga perlengkapan lain seperti alat tulis, kertas, maupun peralatan elektronik penunjang pekerjaan.

2. Buat batasan yang jelas antara urusan rumah dan kerjaan

Di awal-awal remote working, biasanya kamu akan kesulitan memisahkan urusan rumah dan kerjaan. Kalau itu terjadi terus menerus, segera hentikan. Bahaya.

Mencampurkan keduanya tidak sehat bagi kesehatan mentalmu.

Cara termudah mengatasi hal ini adalah dengan membuat jadwal yang jelas. Jadwal ini tidak harus berdasarkan waktu, tetapi juga bisa berdasarkan persentase progres kerjaan.

3. Persiapkan keperluan rapat online

Ketika di kantor, tentu sangat mudah untuk mengadakan rapat kolektif. Semua pesertanya tinggal datang, duduk, dan ambil peran masing-masing. Semuanya di dalam jangkauan.

Kamu butuh usaha lebih untuk melakukan rapat online. Pastikan bahwa koneksi internetnya tidak ngadat. Perangkat penunjangnya harus tidak bermasalah (aplikasi, webcam, dan mic) serta siapkan materi rapatnya biar kamu nggak repot.

Satu lagi, datanglah tepat waktu. Soalnya banyak rapat online yang ternyata sejam pertamanya habis cuma buat nunggu para pesertanya muncul. 

4. Pasang target yang jelas

Kerja di rumah, kedai kopi, maupun coworking space memang terasa bebas. Biasanya, karena keleluasaan inilah kemudian banyak yang keteteran.

Kemungkinan terburuk adalah terjadi penumpukan kerjaan menjelang deadline.

Dengan memasang target yang jelas (misalnya harian), pekerjaanmu bisa tetap terukur. Bahkan, sangat mungkin kamu bakal memiliki waktu luang yang lebih banyak. Hati pun tidak was-was. 

5. Berikan update

Progres pekerjaan di kantor lebih mudah dipantau. Hal ini lebih sulit dilakukan ketika melakukan remote working.

Jalan keluarnya sebenarnya cuma satu: kesadaran.

Berilah update secara berkala. Kalau perlu pasang alarm agar tidak lupa–daripada terus dikejar-kejar. Ingat, ini adalah salah satu kewajibanmu.

6. Berkomunikasilah dengan jelas dan efisien

Komunikasi tatap muka dapat meminimalisir salah paham. Jika ada yang belum jelas atau butuh klarifikasi, bisa langsung dikomunikasikan.

Mengingat work from home itu mudah terpapar lebih banyak gangguan, bicaralah seperlunya dengan jelas. Komunikasi yang tidak jelas hanya akan menciptakan kebingungan, pun mengganggu jadwal kerja.

7. Jaga kesehatan

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi remote workers adalah kacaunya jam tidur.

Kalau itu terjadi terus menerus, justru bikin kamu bisa jatuh sakit.

Selain berusaha sebisa mungkin untuk mengikuti jadwal kerja, kamu juga harus menjaga pola makan dan pola hidup dengan baik. Jangan lupa olah raga dan membersihkan diri agar tetap bugar.

8. Penuhi semua tanggung jawab

Di akhir “jam kerja” kamu bisa menyiapkan checklist yang berisikan target pekerjaan hari itu.

Daftar tersebut akan membantumu untuk lebih terorganisir. Selain itu, akan memudahkan apabila ada penjadwalan ulang maupun permintaan tambahan.

http://hbswk.hbs.edu

9. Komunikasi dengan tim

Meski kerja jarak jauh, jangan sepelekan komunikasi dengan tim.

Kamu pasti tidak mau kerja dua kali karena hasilnya dianggap tidak sinkron dengan anggota tim yang lain. Rapat kecil berdurasi singkat setiap hari bisa bikin kerja online mudah.

10. Jangan lupa refreshing

Ini juga ada hubungannya dengan poin jaga kesehatan.

Jangan karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian justru memforsir tubuh dan pikiran.

Ambil waktu rehat secara berkala. Kamu bisa keluar rumah, menyiram tanaman, hingga menonton video singkat. Bisa juga mendengarkan podcast, membaca buku ringan, pun ikut kelas online di Bitlabs.

Siap Work From Home Tetap Produktif?

Bekerja secara remote yang efektif itu butuh banyak uji coba. Tiap orang bisa beda-beda caranya.

Otak-atik aspek fleksibilitasnya melalui sepuluh tips di atas sehingga kamu bisa work from home mudah tanpa modal banyak. Kamu dapat menyesuaikan jadwal, peralatan yang digunakan, hingga makanan yang dikonsumsi.

Di masa mendatang, remote working pasti akan semakin menjamur. Bahkan, di Amerika sendiri diprediksi bahwa pada 2027 mayoritas angkatan kerjanya akan bekerja secara online.

Tren serupa tentunya juga akan terjadi di seluruh dunia cepat atau lambat. Jadi tidak ada salahnya agar kamu mulai beradaptasi dari sekarang.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

belajar python

Punya Prospek Karier Bagus, Jangan Ragu Belajar Python!