apa itu vue

Apa itu Vue.js? Berikut Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya!

Jika kamu ingin membuat aplikasi web berbasis JavaScript, kamu perlu mempelajari Vue.js. 

Karena, Vue adalah framework yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih efisien. 

Tidak hanya itu, framework ini justru lebih ringan dibanding framework populer lainnya seperti Angular atau React.

Nah, tertarik untuk mempelajari Vue lebih dalam? Yuk simak sampai selesai!

Apa itu Vue.js?

Vue.js adalah framework JavaScript yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Biasanya, framework ini digunakan untuk dua hal, yaitu membangun User Interface (UI) dan Single Page Application (SPA).

logo vue js

Bisa dibilang, Vue.js adalah salah satu framework yang cukup populer. Karena berdasarkan riset Stack Overflow, 17,3% developer menggunakan framework ini. Bahkan, 66% mengaku tertarik untuk terus menggunakan Vue pada proyek mereka.

Nah, cara kerja Vue.js ini seperti apa sih?

Jadi, pola desain software biasanya menggunakan arsitektur MVC, alias Model, View, dan Controller. Dari ketiga komponen ini, Vue hanya berperan dalam layer View saja.

model view controller diagram

Dengan kata lain, Vue.js bertugas untuk menampilkan informasi kepada user sesuai dengan instruksi dari controller. Dan informasi yang ditunjukkan pun harus mudah dipahami.

Untuk menjalankan fungsinya, fitur apa saja sih yang dimiliki Vue.js? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

Apa Saja Fitur Vue.js?

Berikut adalah beberapa fitur Vue.js yang perlu kamu ketahui:

  • Virtual DOM – DOM alias Document Object Model adalah tampilan yang dapat membantumu menambah konten. Dengan virtual DOM, kamu bisa mengubah konten tanpa mempengaruhi konten originalnya. Konten yang baru akan muncul jika kamu menyimpan perubahannya.
  • Template – Vue menyediakan template berbasis HTML yang berfungsi untuk mengikat DOM dengan data Vue.
  • Computed properties – Ini adalah fitur yang akan membantumu melihat segala perubahan yang dibuat pada elemen UI.
  • Transisi dan animasi CSS – Dengan fitur ini, kamu bisa memasang transisi pada elemen HTML. Khususnya ketika elemennya diupdate, ditambah, atau dihapus di DOM.
  • Data binding – Fitur ini dapat membantumu menambahkan nilai pada atribut HTML. 
  • Routing – Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk membuat website Single Page Application.

Kelebihan dan Kekurangan Vue.js

Saat masuk ke artikel ini, mungkin kamu sedang mencari tahu apakah Vue lebih baik dibanding framework lain seperti AngularJS, React, atau Ember?

Untuk tahu jawabannya, mari kita lihat berbagai kelebihan dan kekurangan framework ini. Sehingga, kamu bisa tahu apakah Vue adalah framework yang tepat untukmu.

Pertama-tama, berikut adalah berbagai kelebihan yang dimiliki framework ini:

  • Mudah dipahami – Kamu dapat memahami penggunaan Vue hanya dengan wawasan dasar HTML, CSS dan JavaScript. Sangat simpel, bukan?
  • Performa tinggi – Saat membuat proyek, kamu tak perlu melakukan optimasi secara berlebihan. Karena performa Vue cukup kencang berkat ukurannya yang ringan.
  • Mudah diintegrasikan – Kamu bisa membangun aplikasi web yang kompleks. Sebab Vue memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan komponen ke dalam infrastruktur yang ada tanpa mempengaruhi sistem secara keseluruhan.
  • Ringan – Ini adalah keunggulan utama Vue. Karena, dibandingkan framework lain, ukuran proyeknya sangat ringan. Bahkan, kamu bisa membangun proyek jadi yang ukurannya hanya 20 KB!
  • Mudah mendeteksi error – Tak usah khawatir jika terjadi error. Karena Vue memiliki struktur yang sangat simpel. Sehingga mudah untuk mencari jejak errornya.

Sedangkan berikut ini adalah kekurangan-kekurangan Vue.js:

  • Minim plugin – Plugin berfungsi untuk mempermudah developer saat mengembangkan suatu proyek. Sayangnya, Vue tidak menyediakan banyak plugin.
  • Terlalu dinamis – Developer harus mempelajari framework ini secara terus menerus, karena perkembangannya sangat cepat.
  • Komunitasnya belum ramai – Dibanding Angular atau React, komunitas Vue masih belum begitu ramai. Hal ini wajar mengingat Angular dan React memang lebih populer.

Sudah Siap Menggunakan Vue?

Bagaimana? Setelah mengetahui berbagai manfaat, fitur, dan kelebihan Vue.js, apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakan framework ini?

Jika ya, kamu bisa coba menginstal Vue.js dan bereksperimen dengan penggunaannya..

Nah, apakah kamu tertarik untuk mendapat wawasan lain tentang web programming atau digital marketing? Yuk pantengin terus artikel-artikel di blog Bitlabs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

construct 3

Contruct 3: Ini Dia Caranya Belajar Bikin Games Tanpa Coding!

daftar pertanyaan interview kerja

15 Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya