trik seo youtube untuk tambah viewers videomu

SEO YouTube: Cara Mudah Naikkan Peringkat Video YouTube

Saat kamu mengupload video ke YouTube, kamu pasti berharap videomu ditonton banyak orang. Iya, kan?

Namun, ini mungkin terdengar sulit. Soalnya, kamu harus bersaing dengan banyak sekali video YouTube. 

Apalagi setiap jamnya saja, ada 100 jam video baru yang diupload di sana!

Tapi, tunggu! Jangan bkecil hati dulu. Salah satu trik agar videomu banyak ditonton adalah membuatnya mudah ditemukan. Caranya, hanya perlu menerapkan SEO (Search Engine Optimization) YouTube.

SEO YouTube dapat membantu videomu muncul di posisi paling atas saat penonton sedang melakukan pencarian. 

Dengan begitu, videomu bisa punya peluang lebih besar untuk diklik dan ditonton.

Nah, apa aja sih yang perlu kamu lakukan untuk mempraktikkan SEO YouTube? Di sini, kita akan membahasnya secara lengkap. Mulai dari tips hingga alat-alatnya. 

Yuk simak sama-sama!

5+ Tips SEO YouTube yang Harus Kamu Coba

Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu menaikkan peringkat videomu di hasil pencarian YouTube:

1. Riset Keyword

Ketika kamu sedang mencari video di YouTube, pasti kamu pernah melihat rekomendasi pencarian yang muncul seiring dengan keyword yang kamu ketik:

autocomplete youtube

Kelihatannya simple. Tapi, sebenarnya rekomendasi tersebut menampilkan keyword-keyword yang paling sering dicari oleh penonton YouTube.

Nah, agar videomu lebih mudah untuk ditemukan, tentu videomu harus berisi keyword yang dicari oleh banyak orang, bukan? 

Itulah mengapa kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dulu. Untuk menemukan keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan alat-alat seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

Tapi ingat, jangan mengejar keyword semata-mata karena volume pencariannya tinggi saja. Kamu juga harus pastikan bahwa keywordnya sesuai dengan tema channelmu.

2. Gunakan Judul dan Thumbnail yang Menarik

Sebelum memutuskan untuk memilih video, penonton pasti melihat judul dan thumbnail-nya terlebih dulu. Jika judul dan thumbnailnya menarik, mereka bisa tertarik untuk mengklik videonya. 

contoh judul dan thumbnail youtube

Dengan kata lain, semenarik apapun kontenmu, apabila judul dan thumbnailnya biasa saja, tak akan ada orang yang mau mengklik videonya.

Oleh karena itu, pastikan kamu membuat judul yang catchy dan didukung oleh visual thumbnail yang menarik mata. 

Kalau kamu ingin membuat visual yang menarik, Canva adalah solusi yang tepat. Alat ini punya fitur editing yang cukup lengkap untuk membuat thumbnail video yang memanjakan mata.

Tapi, walaupun tujuan utamanya adalah menarik penonton untuk mengklik video, jangan pernah gunakan judul dan thumbnail yang berbau clickbait. Karena hal ini bisa mendorong penonton untuk mengklik tombol dislike.

Oh ya, jangan lupa juga untuk menyimpan keyword di judul videonya. Sehingga, videomu menjadi relevan dengan yang keyword yang diketik penonton di kolom pencarian.

3. Pasang Keyword di Dalam Deskripsi Video

Selain memasang keyword di judul video, kamu juga perlu menuliskannya di kolom deskripsi.

Mengapa demikian? Karena jika YouTube mendeteksi keyword tertentu di dalam deskripsi videomu, mereka dapat menetapkannya sebagai hasil yang relevan untuk keyword tersebut.

Contohnya, berikut adalah deskripsi video yang muncul di peringkat pertama untuk keyword “belajar digital marketing”:

contoh deskripsi video youtube

Seperti yang terlihat di atas, si uploader menyebutkan keywordnya secara gamblang di awal deskripsinya. 

Mengapa harus di awal? Karena deskripsinya hanya ditampilkan di 3 baris pertama. Selebihnya, penonton harus mengklik tombol Show More untuk melihat sisa deskripsinya.

Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan target keywordnya dengan jelas di awal deskripsi. Keywordnya pun harus terlihat natural dan nyambung dengan keseluruhan deskripsinya. 

4. Buat Video yang Menarik

Saat membaca judul subheading ini mungkin kamu berpikir, “Ya pasti dong, masa videonya ga dibikin menarik?”.

Ironisnya, banyak pembuat video yang melewatkan tips yang satu ini. Mereka hanya berpikir bahwa yang penting mereka sudah membuat video yang bagus.

Akan tetapi, mereka tidak berpikir apakah videonya menarik atau tidak untuk penonton.

Menurut riset dari Backlinko, semakin lama penonton bertahan di videomu, semakin besar kemungkinan videomu direkomendasikan oleh YouTube.

Hal ini wajar, karena YouTube pasti ingin merekomendasikan video yang dianggap menarik. Dan salah satu indikatornya adalah video yang sering ditonton sampai habis.

Nah, jadi bagaimana cara membuat video yang menarik? Sederhana saja. Kamu hanya perlu mengobservasi video-video yang topiknya sama dengan yang kamu buat.

Pastikan video-video yang kamu jadikan perbandingan punya catatan yang bagus. Contohnya seperti jumlah like atau jumlah views yang banyak.

Setelah itu, kamu tinggal mencari tahu apa saja titik lemah dari video tersebut. Apakah materi videonya kurang detail? Atau mungkin visualnya masih bisa diperindah lagi?

Nah, dari situ, kamu bisa mendapat inspirasi untuk membuat video yang menarik dibanding video kompetitor.

Untuk mengetahui apakah penonton bertahan lebih lama saat menonton video yang kamu buat, kamu bisa melihatnya di YouTube Analytics.

dashboard analytics

5. Pasang Tag dan Kategori yang Sesuai dengan Keyword

Hal lain yang dapat membantu YouTube untuk menampilkan videomu adalah dengan memasang kategori dan tag yang tepat. Cara ini juga direkomendasikan oleh YouTube Creator Academy.

Walau kadang dianggap sama, sebenarnya kategori dan tag punya fungsi yang berbeda lho:

  • Kategori berfungsi untuk menentukan klasifikasi videonya. Jadi, apakah videonya masuk ke kategori olahraga? makanan? atau musik?
  • Tag berfungsi untuk memberitahu karakteristik kontennya. Contohnya, misalkan kamu membuat video tutorial membuat website. Kamu bisa memasang tag “edukasi”, “website”, “IT”, dan sejenisnya.

Dengan begitu, videomu bisa semakin relevan dengan hasil pencarian penonton.

Pastikan kamu menggunakan kategori dan tag yang sesuai dengan tema kontenmu. Dan akan lebih bagus lagi jika kamu memasang target keywordmu sebagai tag.

Jangan khawatir kehabisan inspirasi. Kamu bisa menemukan rekomendasi tag yang sesuai dengan kontenmu di alat seperti Keyword Tool atau Youtube Tag Generator.

halaman utama youtube tag generator

6. Promosikan Videomu

Hore! Kamu sudah selesai membuat, mengoptimasi, dan mengunggah videomu. Apakah berarti semuanya sudah tuntas?

Sayangnya, belum. Kamu bisa saja menunggu penonton datang sendiri ke videomu. Tapi, cara ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melonjakkan jumlah views mu.

Sebaliknya, dengan menggunakan strategi jemput bola, videomu akan mampu untuk meraih views di awal publikasinya.

Hal ini penting, karena agar YouTube bisa mengetahui apakah kontenmu layak ditampilkan di peringkat tinggi pada hasil pencarian, tentu mereka harus tahu dulu apakah kontenmu mampu untuk menarik pengunjung.

Untuk itu, kamu harus mempromosikan videomu ke berbagai platform. Contohnya ke media sosial.

Dengan menyebar link video ke Facebook, Instagram, atau LinkedIn, jumlah views yang kamu dapat akan lebih banyak.

Tapi bukan berarti kamu harus menyebar linkmu ke semua platform. Justru kamu hanya perlu memilih platform yang benar-benar relevan dengan kontenmu saja.

Selain mempromosikan videomu sendiri, kamu juga bisa mengajak penontonmu untuk membagikan videonya.

layar share dan subscribe

Lalu bagaimana caranya agar mereka mau membagikan videomu? Tentu mereka akan melakukannya dengan senang hati jika videomu memang bermanfaat untuk mereka. 

Jadi, kuncinya, ada di kualitas video yang kamu buat.

Sudah Siap Mempraktikkan SEO YouTube?

Oke, kamu sudah paham cara untuk menaikkan peringkat videomu di YouTube. Sekarang waktunya untuk mempraktikkannya!

Mulailah dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Lalu, buatlah video menarik berdasarkan keyword tersebut.

Jangan lupa mengoptimasi videonya dengan menyelipkan keyword ke dalam judul, thumbnail, deskripsi, dan tagnya. Setelah itu, kamu bisa mulai mempromosikan videonya ke berbagai platform.

Oh ya, selain belajar SEO YouTube, kamu juga bisa lho belajar SEO untuk menaikkan peringkat websitemu di hasil pencarian Google. 

Ingin tahu caranya? Kamu bisa menemukannya di Bitlabs! Di sini, kamu bisa belajar membuat website + optimasinya di Google. Materinya dijelaskan secara simple dan juga ramah untuk pemula.

Mau? Yuk daftar di Bitlabs sekarang juga!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 strategi pemasaran yang bisa kamu contek

5+ Contoh Strategi Pemasaran Produk Terbaik yang Bisa Kamu Tiru

15 cara promosi video youtube

15+ Cara Promosi Video YouTube untuk Tingkatkan Views