apa itu python

Apa itu Python? Berikut Kegunaan dan Kelebihannya!

Di antara banyaknya bahasa pemrograman di luar sana, Python adalah salah satu yang paling populer. Alasannya sederhana, karena bahasa pemrograman ini fleksibel, mudah dipahami, dan juga mudah dipelajari.

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang Python. Tapi, mungkin kamu belum atau seluk beluk tentang bahasa pemrograman ini, mulai dari manfaatnya, kelebihannya, hingga contoh software yang menggunakannya.

Untungnya, kamu akan mempelajari itu semua di artikel ini. Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak selengkapnya!

Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman serba guna yang memiliki banyak fungsi, mulai dari membangun website, membangun software, hingga menganalisis data. Bahasa pemrograman ini pertama kali dirilis pada tahun 1991 oleh seorang programmer asal Belanda bernama Guido van Rossum.

pembuat python

Mengapa Python disebut bahasa pemrograman serba guna? Karena bahasa ini ga cuma dibuat untuk menyelesaikan satu masalah tertentu. Justru, isu yang bisa diselesaikan oleh Python cukup bervariasi.

Kamu bisa menggunakannya untuk mengelola bagian server (server-side) website, membuat skrip sistem, menjalankan proses automasi, dan berbagai aktivitas programming lainnya.

Jadi, tak heran jika Python begitu populer. Karena, selain fungsinya yang fleksibel, Python juga lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java.

Apa Saja Kegunaan Python?

Oke, sekarang kamu tahu apa itu Python dan juga manfaat singkatnya. Selanjutnya mari kita bahas tentang beberapa kegunaan Python. Berikut di antaranya:

1. Mengembangkan Website

Python adalah bahasa pemrograman yang kerap digunakan untuk mengelola bagian back end website. Nah, back end sendiri adalah bagian “belakang layar” website, di mana data website disimpan dan diproses.

Lalu apa yang bisa dilakukan Python di back end website? Jadi, bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk mengirim informasi ke server, berinteraksi dengan database, dan memproses data.

python adalah

Terlebih lagi, Python juga memiliki banyak framework untuk web development, contohnya seperti Pyramid, Django, dan Flask. Jadi, web developer semakin dimudahkan dalam membuat website yang mereka inginkan.

2. Mengembangkan Game

Walaupun Python bukan termasuk bahasa pemrograman yang populer untuk membuat game, tapi kamu juga bisa lho menggunakannya untuk mengembangkan game sederhana!

Biasanya, game developer menggunakan Python karena penggunaannya yang mudah. Sehingga mereka bisa membuat game simple atau prototype game secara lebih cepat.

Lantas, apakah mustahil untuk membuat game berkualitas tinggi dengan menggunakan Python? Tidak juga. Justru ada juga sebagian game populer yang menggunakan Python dalam pengembangannya, seperti Civilization IV, Sims 4, dan Battlefield 2.

contoh game pakai python

Dengan mempelajari Python, kamu juga akan memiliki bekal untuk memulai karir sebagai seorang game developer. Tapi jika kamu lebih tertarik untuk berkarir sebagai web developer, kamu bisa mengikuti bootcamp web developer yang diadakan Bitlabs bersama Kampus Merdeka.

Yuk klik banner di bawah ini untuk cek programnya!

CTA BANNER WEB DEVELOPMENT 02

3. Melakukan Analisis Data

Di bidang data, biasanya Python dimanfaatkan untuk mengumpulkan, mengatur, dan memanipulasi data. Dengan syntax yang mudah dipahami, Python sangat ideal untuk mengelola data dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, banyak juga alat data mining dan data analysis yang menggunakan Python. Contohnya seperti Pandas, Matplotlib, dan Seaborn. Ketiganya merupakan tools berbasis Python yang kerap digunakan untuk data mining.

Nah, Python juga ga hanya bermanfaat untuk analisis data lho. Kadang bahasa pemrograman ini juga digunakan untuk melakukan visualisasi data. Contoh alat visualisasi data yang memanfaatkan Python adalah Pandas Visualization dan Plotly.

4. Membuat Aplikasi

Selain mengembangkan website dan game, Python juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi. Alasannya sama, karena syntax-nya mudah dan banyak framework dan library Python yang bisa digunakan secara praktis.

Beberapa contoh penggunaan Python saat mengembangkan aplikasi adalah membuat direktori file, membuat API, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menerapkan machine learning ke dalam aplikasinya menggunakan Python.

5. Melakukan Automasi

Coding atau programming merupakan aktivitas yang repetitif. Dalam satu program saja, kamu bisa beberapa kali menggunakan kode yang sama. 

Nah, untuk membuat aktivitas pemrograman jadi lebih efisien, kamu bisa menggunakan Python untuk melakukan automasi. Jadi, kamu tidak perlu melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang.

Beberapa contoh aktivitas yang bisa kamu automasi menggunakan Python adalah pengecekan informasi di database dan membuat visualisasi data.

6. SEO

Melihat kegunaan Python yang satu ini, mungkin kamu heran. Memang apa hubungannya Python dengan SEO?

Eits, jangan salah. Banyak praktisi SEO yang menggunakan Python untuk menganalisis dan mengekstrak data terkait permasalahan website. Mulai dari link yang rusak (broken links) hingga meta tag yang keliru.

Selain itu, Python juga dapat digunakan untuk menganalisis NLP (Natural Language Processing) yang kerap menjadi pertimbangan SEO saat sedang melakukan riset keyword dan analisis on-page.

Baca juga: Kegunaan Belajar Python

6 Kelebihan Python

Di atas, kamu sudah melihat sebagian kegunaan Python, seperti kemudahaan penggunaan dan juga serba guna. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain yang ditawarkan Python, yuk kita bahas satu per satu!

  1. Ramah untuk pemula -Syntax-nya sangat sederhana, sebab strukturnya mirip dengan bahasa manusia. Itulah mengapa bahasa pemrograman ini cukup mudah dipelajari.
  2. Serba guna – Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman ini untuk banyak hal. Mulai dari membangun website, aplikasi, hingga game.
  3. Open source – Kamu bisa menggunakannya secara gratis. Bahkan, kamu bisa menggunakannya untuk kepentingan komersial.
  4. Komunitas yang aktif – Apabila kamu mengalami masalah saat menggunakan Python, kamu bisa menemukan solusinya dengan mudah. Karena, komunitas Python cukup aktif dalam mendiskusikan berbagai isu terkait bahasa pemrograman ini.
  5. Cocok dengan berbagai platform – Kamu bisa menggunakan Python di berbagai platform. Mulai dari Windows, Linux, macOS, hingga FreeBSD.
  6. Tersedia banyak libraries dan modules – Dengan banyaknya library dan module yang tersedia, kamu bisa mengembangkan berbagai program dengan Python. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menemukan fitur yang kamu inginkan.

Baca juga: Belajar Bahasa Pemrograman Dasar

5+ Software yang Menggunakan Python

Dengan berbagai kelebihan di atas, tentunya sudah banyak website, aplikasi, atau program yang dibuat dengan menggunakan Python. Nah, ga cuma program sederhana aja, tapi Python juga digunakan di banyak software terkenal lho! Berikut di antaranya:

1. Google

Tahukah kamu? Sejak awal pengembangannya, Google sudah menggunakan Python lho. Alasannya karena Python mampu meningkatkan fleksibilitas dan juga skalabilitas program.

Jadi, saat ini ada bahasa pemrograman di sisi server yang digunakan Google, yaitu Python, Go, Java, dan C++. Seluruh bahasa pemrograman ini digunakan untuk memastikan bahwa sisi back end dari Google dapat beroperasi dengan lancar.

Python juga digunakan untuk mendukung aplikasi-aplikasi Google. Berkat perannya yang begitu vital, tak heran jika Google kerap menjadi sponsor dari berbagai konferensi Python.

Baca juga: Apa itu JavaScript?

2. YouTube

Python sangat cocok digunakan di website yang dinamis, contohnya seperti YouTube. Karena, dengan banyaknya volume video yang diupload setiap hari, tentu YouTube perlu menggunakan bahasa pemrograman yang memiliki fleksibilitas tinggi.

Kemampuan Python untuk merespon perubahan dengan cepat dan mengaplikasikan perubahan secara akurat juga merupakan alasan kenapa bahasa pemrograman ini digunakan di YouTube.

Jadi, setiap kali kamu mengakses YouTube dan menonton video di YouTube, kamu sedang menjalankan kode Python.

3. Facebook

Salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan di Facebook adalah Python. Buktinya, bahasa pemrograman ini punya banyak andil dalam proses operasional Facebook, mulai dari pengelolaan infrastruktur hingga hardware imaging.

Keunggulan lain dari Python yang disukai di Facebook adalah banyaknya library yang tersedia. Dengan begitu, mereka bisa dengan mudah menulis dan menyimpan kode yang mereka butuhkan, sehingga proses operasionalnya menjadi lebih efisien.

Saking seringnya menggunakan Python, Facebook bahkan sudah beberapa kali merilis proyek open-source berbasis Python, contohnya seperti Python Async IRCbot framework dan Facebook Ads API.

4. Instagram

Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan di Instagram. Tapi, di antara banyaknya bahasa pemrograman tersebut, Python merupakan bahasa yang dipercaya untuk menopang aplikasi servernya, sedangkan Django digunakan sebagai framework webnya.

Intinya, Python sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan proses back end di Instagram, khususnya terkait pertukaran data antara browser pengunjung dan database.

5. Dropbox

Dropbox punya hubungan yang cukup unik dengan Python. Karena, pada tahun 2012, Dropbox berhasil meyakinkan Guido van Rossum, penemu Python untuk bekerja di Dropbox. Guido bekerja di Dropbox hingga pensiun pada tahun 2019.

Sama seperti software-software yang kita bahas sebelumnya, Dropbox juga banyak menggunakan Python untuk mengelola bagian back end softwarenya. 

Selain itu, Dropbox pun merilis API yang dibuat menggunakan kode Python. Jadi, jika kamu mengintegrasikan Dropbox di software lain, Python ikut berperan di dalam proses integrasinya.

6. Spotify

Apakah kamu sering mendengarkan musik via Spotify? Nah, aplikasi streaming musik sejuta umat ini menggunakan Python juga lho. Selain menggunakannya untuk mengelola sisi back end aplikasi, Spotify juga menggunakan Python untuk membantu proses analisis data.

Mengapa Spotify menggunakan bahasa pemrograman ini? Alasannya simpel, karena Spotify senang dengan cepatnya proses coding di Python.

Selain itu, untuk memberikan rekomendasi lagu ke penggunanya, mereka menggunakan Luigi, yaitu modul open source berbasis Python.

Baca juga: Coding dan Programming Sering Dibilang Sama, Ini Bedanya!

Sudah Paham Apa itu Python?

Oke, sekarang kamu sudah tahu apa itu Python, serta berbagai kegunaan dan kelebihannya. Intinya, Python adalah bahasa pemrograman serba guna yang biasanya digunakan untuk mengelola sisi back end dari suatu program atau melakukan analisis data. 

Menguasai Python tentu adalah suatu keharusan jika kamu ingin terjun ke bidang web development atau data science. Lalu, bagaimana caranya untuk belajar lebih dalam tentang Python?

Di bootcamp web developer Bitlabs, kamu akan belajar rame-rame, dibimbing dengan praktisi pro, dan terjun dalam proyek kerja nyata. Kurang apa lagi? Yuk belajar coding dengan Bitlabs!

CTA BANNER WEB DEVELOPMENT 01

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

brand image adalah

Apa Itu Brand Image: Manfaat dan Cara Meningkatkannya

mysql adalah

Apa itu MySQL? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!