domain authority dan page authority

Domain Authority dan Page Authority: Definisi, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Agar jumlah pengunjung websitemu semakin meningkat, kamu berusaha untuk menaikkan peringkat websitemu di mesin pencari

Berbagai cara kamu lakukan. Tapi, ada satu masalah: Kamu belum tahu apakah websitemu mampu mendapat peringkat tinggi di mesin pencari atau tidak.

Andai saja ada skor yang bisa mengukur kemungkinan website untuk meraih peringkat tinggi di mesin pencari..

Eits, tunggu dulu. Skor tersebut ada kok! Skornya terbagi menjadi dua jenis, yaitu domain authority dan page authority.

Jadi apa sih yang dimaksud dengan domain authority dan page authority? Dan bagaimana cara keduanya menghitung kemungkinan websitemu meraih peringkat tinggi di mesin pencari? Yuk simak lebih lanjut!

Apa itu Domain Authority?

Domain authority adalah skor yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan sebuah domain atau subdomain untuk meraih peringkat tinggi di mesin pencari

Skor ini diukur dalam skala 1 sampai 100. Semakin tinggi skornya, semakin besar pula kemungkinan untuk punya peringkat tinggi.

Domain authority dikembangkan oleh software SEO terkenal, Moz. Jadi, kalau kamu ingin tahu berapa skor yang dimiliki websitemu, kamu bisa menggunakan fitur-fitur Moz, seperti MozBar atau Link Explorer.

Lalu, dari mana domain authority bisa tahu apakah suatu domain punya kualitas yang cukup untuk meraih peringkat tinggi? 

Menurut Moz, mereka menggunakan model machine learning yang dapat memprediksi ranking suatu website. Nah, prediksi ini dibuat berdasarkan puluhan faktor teknis dan juga web index. 

Apa itu Page Authority?

Page authority adalah skor yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan sebuah halaman website untuk meraih peringkat tinggi di mesin pencari. 

Bisa dibilang page authority adalah domain authority versi halaman website. Jadi, seluruh karakteristiknya sama, skornya pun dihitung dalam skala 1 sampai 100.

Coba tebak di mana kamu bisa mengetahui skor page authority? Ya, betul. Kamu bisa mengetahuinya di MozBar dan Link Explorer juga. Ini karena konsep page authority juga dikembangkan oleh Moz. 

Nah, Satu-satunya yang membedakan page authority adalah kemampuannya untuk memprediksi ranking halaman website. Skor ini tentu sangat berguna jika kamu ingin memprediksi peringkat halaman kontenmu satu per satu.

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority?

Oke. Sekarang kamu tahu bahwa skor domain authority dan page authority itu penting. Tapi bagaimana cara meningkatkannya? Nah, berikut adalah beberapa praktik yang bisa kamu lakukan:

1. Buatlah Konten yang Menarik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten SEO yang menarik.

Konten yang menarik dan bermanfaat dapat mengundang banyak pengunjung. Dan website yang menarik banyak pengunjung akan punya kredibilitas yang lebih tinggi di mesin pencari.

Mengapa kredibilitas penting bagi mesin pencari? Sebab, tujuan utama mesin pencari adalah menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan akurat.

Jadi, semakin kamu konsisten dalam membuat konten menarik, semakin besar pula kemungkinan websitemu memiliki domain authority dan page authority yang tinggi.

2. Mulai Membangun Link

Selanjutnya, kamu perlu mengumpulkan banyak backlink dari website lain – atau biasa disebut link building. Mengapa demikian?

Karena, semakin banyak website yang menaruh link menuju websitemu, itu menunjukkan bahwa konten yang kamu buat menarik bagi banyak orang.

Baca juga: Inilah Strategi Membangun Backlink Berkualitas

Akan lebih baik lagi jika website yang menaruh linkmu memiliki skor domain yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa websitemu “dipercaya” oleh website yang memiliki kredibilitas tinggi.

3. Optimasi Websitemu dengan Praktik SEO

Terakhir, kamu harus memastikan bahwa websitemu sudah dioptimasi dengan praktik-praktik SEO. Karena SEO mampu membuat websitemu lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Praktik SEO paling sederhana adalah melakukan riset keyword. Jadi, kamu perlu mencari keyword yang berpotensi mengundang banyak pengunjung, lalu membuat konten berdasarkan keyword tersebut.

Kemudian, kamu bisa melakukan praktik optimasi SEO lainnya, seperti menambahkan meta tags dan memastikan bahwa websitemu performanya bagus di perangkat mobile. 

Baca juga: 15+ Teknik SEO yang Wajib Kamu Pakai di Websitemu

Bagaimana Cara Mengecek Domain Authority dan Page Authority?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa mengecek domain authority dan page authority dengan menggunakan MozBar atau fitur Link Explorer Moz. 

Mari kita ambil contoh, misalkan kamu ingin mengecek skor portal berita Tirto dengan menggunakan Link Explorer. Berikut adalah hasilnya:

domain authority tirto

Dari hasilnya, dapat diketahui bahwa skor Tirto cukup baik, jumlah website yang memasang link mereka pun cukup banyak. 

Nah, sekarang bagaimana jika kamu ingin mengetahui page authority-nya? Caranya sama. Kamu hanya perlu memasukkan link halamannya saja:

page authority tirto

Mudah sekali, bukan?

Jika kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan MozBar. Alat ini secara otomatis akan mendeteksi skor domain authority dan page authority setiap website atau halaman yang kamu kunjungi.

Selain itu, MozBar juga mampu mendeteksi domain authority dan page authority semua website yang muncul di hasil pencarian Google.

ilustrasi skor mozbar

Baca juga: 3 Cara Mudah Cek DA PA Blog dan Websitemu

Tingkatkan Terus Domain Authority dan Page Authority Websitemu!

Selamat! Sekarang kamu sudah paham apa itu domain authority dan page authority, cara meningkatkannya, serta cara mengeceknya. 

Jadi, sekarang waktunya praktik! Coba tingkatkan domain authority dan page authority websitemu dengan membuat konten yang berkualitas, melakukan link building, serta mempraktikkan optimasi SEO.

Nah, apakah kamu tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang optimasi website di Google? Belajar di Bitlabs aja! Di sini, kamu akan mempelajari cara membuat website serta melakukan optimasinya di Google. 

Jadi tunggu apa lagi? Yuk gabung Bitlabs sekarang juga!

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 tools instagram yang wajib kamu tahu

20 Instagram Tools Wajib untuk Pebisnis di Tahun 2020

apa itu backlink

Penting! Inilah Strategi Membangun Backlink Berkualitas