contoh email lamaran kerja

10 Contoh Email Lamaran Kerja yang Benar [Terlengkap!]

Ingin melamar kerja tapi masih belum yakin kalau email lamaran yang dikirimkan sudah tepat atau belum? Tenang, karena di artikel ini kami akan tampilkan beberapa contoh email lamaran kerja yang bisa kamu tiru.

Email lamaran kerja yang tepat adalah email yang isinya mampu memperkenalkan dirimu dengan baik, lengkap dengan tujuan melamarnya. Sehingga, tim HR bisa segera memahami identitas dan latar belakangmu, serta posisi yang ingin kamu lamar.

ilustrasi menulis contoh email lamaran kerja

Jadi, contoh isi lamaran kerja yang benar itu seperti apa sih? Yuk simak selengkapnya!

10 Contoh Email Lamaran Kerja

Berikut adalah beberapa contoh email lamaran kerja yang bisa kamu tiru:

1. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Apapun

Contoh email yang satu ini bisa kamu gunakan untuk melamar kerja di posisi apapun. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan posisi yang ingin kamu lamar serta kualifikasi yang kamu miliki.

To: [email protected]

Subject: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi X

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja di posisi X pada PT.XYZ. Berikut merupakan data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Pendidikan Terakhir:

Alamat:

Nomor Telepon:

Sebagai seseorang yang sudah bekerja di bidang X selama 5 tahun, saya percaya bahwa kemampuan dan pengalaman yang saya miliki dapat membantu PT.XYZ untuk jadi semakin berkembang ke depannya. 

Sebagai bukti kompetensi dan juga bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa dokumen pendukung, yaitu:

1. Pas Photo Terbaru

2. Scan KTP

3. Scan Ijazah Terakhir

4. Scan Transkrip Nilai

5. Scan SKCK Terbaru

6. Scan Sertifikat Kompetensi

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

2. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Apakah kamu baru lulus kuliah? Jika iya, contoh isi email lamaran kerja yang satu ini pasti cocok untuk kamu gunakan saat melamar ke posisi yang kamu impikan.

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi X

Kepada Yth,

HRD PT. XYZ

Saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi A di PT.XYZ. Dengan keterampilan dan kemampuan yang saya miliki, saya yakin bahwa saya akan cocok dengan kebutuhan tim Anda.

Saya lulus dari Universitas ABC dengan gelar Sarjana Ekonomi. Selama kuliah, saya terlibat dalam berbagai organisasi mahasiswa, seperti Himpunan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa, di mana saya mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan kerja tim yang kuat.

Sesuai dengan syarat yang ditentukan, saya telah melampirkan beberapa dokumen, yaitu:

1. Pas Photo Terbaru

2. Scan KTP

3. Scan Ijazah Terakhir

4. Scan Transkrip Nilai

5. Scan SKCK Terbaru

6. Scan Sertifikat Kompetensi

Saya siap belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, serta berkontribusi secara maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

(Nama dan Tanda Tangan)

Pastikan kamu menampilkan skillmu dengan baik, sehingga kamu punya daya tawar yang tinggi di mata tim HR. Poin ini sangat penting terutama bagi para pelamar fresh graduate.

Nah, jika kamu ingin punya skill di bidang IT dan AI, Bitlabs bersama Kampus Merdeka sedang mengadakan berbagai bootcamp spesial! Mulai dari Web DevelopmentBusiness Analytics, hingga Artificial Intelligence.

Tertarik? Yuk kepoin programnya di sini!

CTA BANNER KARIR 02

3. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Lulusan SMA

Apabila kamu baru lulus SMA dan ingin mencari kerja, berikut adalah contoh email lamaran kerja yang bisa kamu gunakan:

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Admin

Kepada Yth,

HRD PT. ABC

Saya tertarik untuk bergabung di posisi Admin yang tersedia di PT.ABC. Saya lulusan SMA D dan memiliki keterampilan X yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan posisi yang sedang dibuka.

Berikut adalah data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Sebagai bahan pertimbangan, saya sudah melampirkan scan KTP dan ijazah terbaru saya. Saya percaya bahwa saya bisa memenuhi persyaratan untuk posisi ini dan akan berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik bagi perusahaan.

Terima kasih atas peluang yang Bapak/Ibu berikan, bila ada kesempatan untuk berkomunikasi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui email atau nomor telepon yang tertera di atas.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

4. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Digital Marketing

Berikut adalah contoh isi email lamaran kerja yang bisa kamu gunakan saat melamar ke posisi digital marketing. 

Dengan menyesuaikan isinya, kamu juga bisa menggunakannya untuk berbagai posisi yang ada kaitannya dengan digital marketing seperti PPC specialist atau SEO specialist. 

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Digital Marketing Specialist

Kepada Yth,

HRD PT. ABC

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di posisi Digital Marketing Specialist PT. ABC. Saya adalah fresh graduate dengan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas X, dan memiliki antusiasme yang besar dalam bidang digital marketing. Berikut adalah data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Selama kuliah, saya telah memperoleh pemahaman yang baik mengenai pemasaran digital, seperti strategi SEO, PPC, dan media sosial. Saya juga pernah membuat beberapa proyek seperti membuat kampanye iklan digital, membangun strategi konten, dan menganalisis data pemasaran.

Saya percaya bahwa keterampilan saya dan semangat yang besar dalam bidang digital marketing akan membantu saya untuk memberikan kontribusi positif pada perkembangan PT. ABC. 

Saya berharap dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Terlampir saya sertakan resume dan beberapa referensi. Terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu. 

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Baca juga: 7+ Skill Digital Marketer

5. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Data Scientist

Bila kamu ingin melamar ke posisi data scientist, kamu bisa coba mengirim email lamaran kerja dengan template seperti ini:

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Data Scientist

Kepada Yth,

HRD PT. ABC

Sehubungan dengan adanya lowongan kerja untuk posisi Data Scientist di PT. ABC, saya berminat untuk mengajukan lamaran untuk posisi tersebut. Saya adalah lulusan baru dari jurusan Statistik Universitas X, dan memiliki minat dan antusiasme yang besar dalam bidang data science.

Berikut adalah data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Selama kuliah, saya telah mempelajari dasar-dasar statistika dan pemrograman, serta mengambil beberapa kursus terkait data science seperti Machine Learning, Data Mining, dan Data Visualization.

Saya percaya bahwa keterampilan saya dan semangat yang besar dalam bidang data science akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan Anda. Saya siap untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Baca juga: Apa itu Data Analyst?

6. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Software Engineer

Bagi kamu yang ingin melamar ke posisi software engineer, contoh isi email lamaran kerja yang satu ini bisa kamu coba. Pastikan kamu menyesuaikan isinya dengan perusahaan yang kamu lamar, ya!

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Software Engineer

Kepada Yth,

HRD. PT. XYZ

Melalui surat ini, saya ingin melamar kerja untuk posisi Software Engineer yang ada pada PT. XYZ. Saya adalah software engineer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam mengembangkan perangkat lunak dan sistem informasi.

Berikut detail data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Saya mampu menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan C#. Saya juga memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi web menggunakan kerangka kerja seperti Spring, Laravel, dan React.

Dengan pengalaman saya di bidang software engineering, saya harap saya dapat membantu PT. XYZ mencapai setiap tujuannya. Saya juga siap berkontribusi dan bekerja keras dalam lingkungan yang cepat dan terus berkembang.

Sekian surat lamaran kerja ini saya buat, apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi saya melalui email atau nomor telepon yang tertera di atas. Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

7. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Social Media Specialist

Berikut adalah contoh email yang bisa kamu gunakan apabila kamu sedang ingin melamar ke posisi social media specialist:

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Social Media Specialist

Kepada Yth,

HRD PT. ABC

Saya berminat untuk melamar kerja untuk posisi Social Media Specialist yang tersedia di PT. ABC. Saya adalah seorang social media officer yang pernah bekerja di sebuah agensi media sosial selama lebih dari dua tahun. Berikut adalah data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Saat bekerja di agensi sosial media, saya bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial beberapa klien, membuat strategi konten, mengukur kinerja kampanye, dan berkomunikasi dengan klien untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Saya sangat tertarik dengan visi dan misi PT. ABC. Dengan skill dan pengalaman yang saya miliki, saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan sebagai Social Media Specialist di perusahaan Anda.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

8. Contoh Email Lamaran Kerja dengan Bahasa Inggris

Pada contoh-contoh sebelumnya, kita sudah melihat berbagai variasi email lamaran kerja berbahasa Indonesia. Tapi, bagaimana jika Anda ingin melamar kerja dengan menggunakan bahasa Inggris?

Berikut adalah contoh email lamaran kerja berbahasa Inggris untuk posisi content writer. Anda bisa menyesuaikan isinya untuk posisi lain yang ingin Anda lamar:

To: [email protected]

Subject: Application for Content Writer Position

Dear Hiring Manager,

I am writing to express my interest in the Content Writer position that is currently open at your company. As a recent graduate with a degree in English, I am excited to apply my writing skills and passion for storytelling to a career in content writing.

During my time in college, I have had the opportunity to hone my writing skills through various writing assignments and projects. I have also worked on a freelance basis for several clients where I have written articles, blog posts, and social media content.

I am confident that my writing skills and passion for creating compelling content will make me a valuable asset to your team. I am eager to learn and develop my skills as a content writer and believe that your company can provide the right environment for me to do so.

I have attached my resume and writing samples for your review. If you require any further information or would like to schedule an interview, please do not hesitate to contact me via email or phone.

Thank you for considering my application. I look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

(Full Name)

9. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Data Engineer

Di atas, kita sudah melihat contoh email lamaran kerja untuk posisi data scientist, tapi bagaimana dengan posisi data engineer? Apakah isinya sama?

Nah, untuk membantu Anda melihat gambarannya, berikut adalah contoh email lamaran kerja untuk posisi data engineer:

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Data Engineer

Kepada Yth,

HRD PT. ABC

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi Data Engineer di PT. ABC. Saya adalah software engineer yang sudah berpengalaman dalam mengelola data dan membangun infrastruktur data di beberapa perusahaan besar. 

Berikut adalah detail diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Selama bekerja sebagai data engineer, saya bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara infrastruktur data yang kompleks. Saya juga bekerja sama dengan data scientist untuk mengembangkan model machine learning dan memastikan penggunaan data yang tepat.

Saya telah melampirkan resume saya beserta beberapa referensi dan proyek terbaru yang saya kerjakan. Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan Anda sebagai Data Engineer dan memberikan kontribusi yang signifikan.

Sekian surat lamaran kerja ini saya buat, terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

10. Contoh Email Lamaran Kerja untuk Posisi Part Time

Walaupun posisi yang Anda lamar bersifat part time, Anda tentu tetap harus mengirimkan surat lamaran kerja yang layak. Oleh karena itu, berikut adalah contoh email lamaran kerja yang bisa Anda kirimkan untuk mengisi posisi part time di sebuah perusahaan:

To: [email protected]

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi Admin Part Time

Kepada Yth,

HRD PT. XYZ

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi admin part time di PT. XYZ. Saya adalah seorang mahasiswa/i semester akhir dengan latar belakang pendidikan di bidang Manajemen. Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di beberapa proyek yang melibatkan pengelolaan data, administrasi, serta pembuatan dan pengeditan konten.

Berikut adalah data diri saya:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat:

Nomor Telepon:

Saya memiliki waktu yang fleksibel dan siap bekerja selama 20 jam setiap minggu. Saya siap melakukan tugas terkait pengelolaan data, administrasi, dan juga pembuatan konten.

Terlampir saya sertakan resume saya untuk referensi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengatur waktu wawancara, saya akan dengan senang hati menjawabnya melalui email atau telepon.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, terima kasih atas perhatian dan peluang yang diberikan.

Hormat saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Baca juga: Contoh Motivation Letter dan Cara Membuatnya

Manakah Contoh Email Lamaran Kerja yang Cocok untuk Anda?

Di artikel ini, Anda telah melihat berbagai contoh email lamaran kerja untuk berbagai posisi, mulai dari digital marketing, data scientist, software engineer, social media specialist, hingga part time.

Intinya, setiap email lamaran kerja harus mencakup hal-hal seperti subjek yang jelas, pengenalan diri dan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, kemampuan dan keahlian yang relevan, serta kesediaan untuk melakukan tugas-tugas yang dibutuhkan.

Nah, membuat email lamaran kerja yang tepat hanya salah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan peluang diterima kerja. Hal lain yang tak kalah penting adalah membuat CV dan melengkapi isinya, contohnya dengan sertifikat bootcamp.

Nah, untungnya Bitlabs x Kampus Merdeka Studi Independen menyediakan program bootcamp menarik yang dapat membuat CV-mu semakin mentereng, yaitu business analyticsproduct management, hingga web development

Penasaran? Klik banner di bawah untuk cari tahu lebih lanjut:

CTA BANNER KARIR 01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ppc adalah

Apa itu Pay Per Click atau PPC?

rumus pivot table

Cara Membuat Pivot Table di Excel untuk Pemula [Lengkap!]