Cara Mengecek Backlink: 7 Alat yang Bisa Kamu Gunakan

Praktik SEO (Search Engine Optimization) bukan cuma tentang optimasi konten, tapi juga optimasi di luar konten alias off-page. Itulah kenapa kamu harus tahu cara mengecek backlink.

Sebentar.. Backlink itu apa sih?

Jadi, backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke websitemu. Semakin banyak website yang nge-link ke websitemu, tandanya websitemu semakin populer dan dipercaya.

Dan semakin banyak backlink yang kamu dapat, Google akan semakin pede untuk memasukkan websitemu ke hasil pencarian. Karena, reputasi websitemu bagus.

Gimana? Pasti sekarang kamu pengen tahu cara mengecek backlink website serta manfaatnya kan? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa saja Jenis Backlink?

Nah, apakah semua backlink itu sama? Tentunya ngga dong. 

Contohnya, jika websitemu dapat backlink dari website populer, pasti Google akan menganggap websitemu populer juga. Tapi, jika backlink yang kamu dapat berasal dari website antah-berantah, Google mungkin tidak akan terlalu memperhatikannya.

Selain dibedakan dari website asalnya, backlink juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Dofollow – Backlink yang bisa dicrawl oleh Googlebot. Jadi, link ini akan mengarahkan Googlebot ke website yang dituju. Jenis backlink inilah yang dapat berpengaruh terhadap SEO websitemu.
  • Nofollow – Backlink yang tidak bisa dicrawl oleh Googlebot. Dengan kata lain, Googlebot akan mengabaikan link ini. Jika websitemu mendapatkan backlink yang berjenis nofollow, linknya tidak berpengaruh terhadap SEO websitemu.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa sebaiknya backlink yang kamu dapat berjenis dofollow. Tapi, apakah ini artinya backlink yang sifatnya nofollow tidak berguna sama sekali?

Tidak juga. Karena karena backlink yang sifatnya nofollow hanya diabaikan oleh Googlebot. Tapi orang-orang masih bisa mengklik linknya. Jadi, backlink nofollow pun masih bisa digunakan sebagai sumber traffic.

Baca juga: Penting! Inilah Strategi Membangun Backlink Berkualitas

Oke, sekarang kamu sudah tahu jenis-jenis backlink yang bisa kamu dapatkan. Terus, kenapa sih kamu harus tahu cara mengecek backlink? Yuk kita lihat jawabannya di bagian selanjutnya!

Apa sih Manfaatnya Mengecek Backlink?

Ada banyak alasan mengapa kamu mesti tahu cara mengecek backlink. Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa semakin banyak backlink yang kamu dapat, semakin besar kemungkinan Google menganggap websitemu kredibel.

Intinya, berikut adalah beberapa manfaat utama dari backlink yang perlu kamu ketahui:

  • Meningkatkan ranking website di Google – Menurut Ahrefs, salah satu indikator yang paling dipertimbangkan Google saat menaikkan peringkat konten di hasil pencarian adalah jumlah backlink.
  • Mendapatkan traffic – Semakin banyak link yang mengarah ke websitemu, semakin besar pula kemungkinan pengunjung website lain menjadi pengunjung websitemu.
  • Mudah ditemukan Google – Tidak hanya pengunjung, Google juga dapat menemukan halaman websitemu melalui backlink. Tentunya backlinknya harus berjenis dofollow.

Menarik sekali, bukan?

Terus, apa saja sih alat yang bisa kamu gunakan untuk mengecek backlink? Mari kita lihat satu per satu!

7 Alat yang Bisa Kamu Gunakan untuk Cek Backlink

Kami telah mengumpulkan beberapa alat terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek backlink. Berikut daftarnya:

1. Ubersuggest

cara mengecek backlink dengan ubersuggest

Jika kamu adalah praktisi SEO, pasti kamu sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. 

Ya, Ubersuggest adalah alat SEO buatan Neil Patel yang fiturnya cukup lengkap. Mulai dari fitur riset keyword, analisis kompetitor, hingga pencarian ide konten.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengecek backlink websitemu di sini. Data yang ditampilkan pun cukup lengkap, seperti total backlink yang mengarah ke websitemu, jumlah backlink yang hilang, hingga jumlah backlink yang jenisnya nofollow.

Kamu bisa menggunakan alat ini secara cuma-cuma. Namun, fiturnya cukup terbatas. Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur lengkapnya, kamu bisa membeli paket berlangganan atau mencoba free trial selama 7 hari.

2. LinkMiner

halaman utama link miner

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk cek backlink adalah dengan menggunakan LinkMiner. 

Alat buatan Mangools ini punya cukup banyak fitur menarik, contohnya seperti fitur backlink favorit. Jadi, kamu bisa menentukan backlink mana saja yang bisa kamu awasi secara berkala.

Selain itu, LinkMiner juga menawarkan fitur-fitur backlink checker pada umumnya, seperti filter backlink berdasarkan jenisnya (nofollow atau dofollow), hingga periodenya (baru atau sudah lama).

Oh ya, berhubung LinkMiner adalah alat milik Mangools, kamu harus login menggunakan akun Mangools untuk menggunakannya. Untungnya, mereka menyediakan free trial 10 hari, jadi kamu bisa mencoba fitur-fiturnya terlebih dahulu.

3. Ahrefs

cara mengecek backlink dengan ahrefs backlink checker

Bisa dibilang, Ahrefs adalah salah satu alat SEO yang paling populer saat ini. Mengapa tidak? Alat yang satu ini memang menawarkan banyak solusi bagi para praktisi SEO, salah satunya adalah mengecek backlink.

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan backlink checker Ahrefs secara cuma-cuma! Walau begitu, kualitas alat ini tidak bisa diremehkan lho.

Sebab, kamu bisa mendapat banyak informasi penting dari alat ini. Mulai dari jumlah backlink yang kamu dapatkan, persentase backlink dofollow, hingga top 100 backlink yang mengarah ke websitemu. Cukup lengkap, bukan?

4. SEMRush

halaman utama semrush

Selain Ahrefs, alat SEO premium lainnya yang cukup populer adalah SEMRush. Sebagaimana alat SEO lainnya, kamu juga bisa mengecek backlink dengan menggunakan alat ini.

Fitur backlink checker yang dimiliki SEMRush terbilang cukup detail. Karena kamu bisa mengetahui berapa banyak backlink yang diterima per halaman. Jadi, kamu bisa mengetahui halaman mana saja yang mendapat spam backlink.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menganalisa backlink kompetitor. Sehingga, kamu bisa mengetahui backlink berkualitas yang diterima oleh website kompetitor.

Berhubung SEMRush adalah alat SEO premium, kamu perlu mengeluarkan biaya berlangganan untuk menikmati seluruh fiturnya, mulai dari $119.95 per bulan atau sekitar Rp1,7 juta per bulan.

5. Moz Pro

cara mengecek backlink dengan moz pro

Moz menyediakan berbagai alat SEO yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah Link Explorer.

Alat ini memungkinkan kamu untuk mengecek profile link websitemu. Nah, isi profile linknya sendiri cukup bervariasi, mulai dari jumlah backlink yang mengarah ke websitemu, persentase link dofollow, hingga persentase backlink yang bersifat spam.

Sama seperti Ahrefs dan SEMRush, Moz Pro adalah alat SEO premium. Jadi, kamu harus berlangganan untuk menggunakan fitur-fiturnya. Paket paling murah harganya senilai $99 per bulan, atau sekitar Rp1,4 juta per bulan

6. BuzzSumo

halaman utama buzzsumo

BuzzSumo adalah alat yang populer di kalangan content marketer. Wajar saja, karena fitur utama alat ini adalah fitur analisa konten.

Walau begitu, BuzzSumo juga punya fitur untuk mengecek backlink lho. Itulah mengapa kami memasukkannya juga ke dalam list ini.

Kamu bisa mencari konten berdasarkan keyword tertentu. Lalu, kamu bisa mengklik salah satu metrik yang akan menampilkan jumlah backlink yang mengarah pada konten tersebut. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu backlink yang mengarah ke konten kompetitor.

Walaupun kamu bisa menggunakan BuzzSumo secara cuma-cuma, tapi fitur backlink baru bisa kamu nikmati setelah berlangganan. Mulai dari $99/bulan atau Rp1,4 juta/bulan. Kabar baiknya, mereka juga menawarkan opsi free trial selama 7 hari.

7. Majestic SEO

halaman utama majestic seo

Ingin mengetahui profil backlink konten secara singkat? Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah cek backlink dengan menggunakan Majestic SEO.

Alat ini bisa kamu gunakan secara gratis! Di sini kamu bisa mengetahui kualitas link yang mengarah ke kontenmu, total jumlah backlinknya, hingga data link berdasarkan jenisnya.

Jika kamu tertarik untuk mendapat informasi backlink yang lebih mendalam, seperti jumlah IP yang mengarah ke kontenmu dan juga grafik sebaran link. Kamu bisa berlangganan mulai dari $49.99/bulan atau sekitar Rp712 ribu per bulan.

Baca juga: 10 Cara Menulis Artikel SEO Agar Ranking di Google!

Ingin Tahu Cara Mengecek Backlink Terbaik? Gunakan Alat Sesuai Kebutuhanmu!

Nah, di atas kamu sudah melihat berbagai alat menarik yang bisa digunakan untuk mengecek backlink. Kamu bisa mencobanya satu per satu, lalu memilih yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Oh ya, pengecekan backlink merupakan salah satu strategi yang kerap digunakan dalam praktik SEO. Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang SEO, kamu bisa mengunjungi artikel kami yang berisi panduan lengkap SEO.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi artikel kami yang membahas tentang berbagai tools SEO gratis yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

big data adalah

Big Data: Berikut adalah Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya!

struktur data adalah

7+ Jenis Struktur Data yang Wajib Diketahui Programmer