7 Alasan Kenapa Harus Memakai WordPress

Saat ini situs WordPress memang menjadi salah satu platform yang banyak digunakan untuk blog atau website. Namun tak sedikit juga yang mempertanyakan, kenapa harus memakai WordPress? Artikel kali ini akan menjelaskan secara lengkap terkait alasan mengapa WordPress menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membuat website dan menggunakan Content Management System (CMS). 

Dengan platform CMS seperti WordPress, kamu dapat masuk ke dasbor untuk membuat halaman website milikmu sendiri, menambahkan konten, dan menyesuaikan desain. Kemudian CMS akan membuat kode. Perlu diketahui bahwa dengan pemilihan CMS yang tepat, kamu dapat memulai blog, membuka toko eCommerce, membuat situs web tutorial, membuat portofolio, dan banyak hal lainnya.

Kenapa harus memakai WordPress? 

1. Open source 

Salah satu alasan banyak orang memilih menggunakan WordPress karena open source. WordPress ini memiliki fitur lengkap seperti post, komentar, instalasi yang cukup mudah, gallery, kotak spam, plugin dan masih banyak lagi. Kemudian dijadikannya open source akan sangat memungkinkan banyak pengembang diluar sana yang ikut andil, sehingga apabila sewaktu-waktu situs WordPress milikimu mengalami bug dan berisiko membuat sistem CMS terganggu, dapat langsung diatasi dengan baik. 

2. WordPress lebih ramah SEO

Selanjutnya, alasan kenapa harus WordPress, karena menggunakan kode standar berkualitas tinggi dan menghasilkan semantic markup. Hal itulah yang membuat Google lebih menyukai situs WordPress. 

Hasilnya, situs WordPress cenderung memiliki peringkat lebih tinggi daripada lainnya di mesin pencari. Secara desain, WordPress sangat ramah SEO. Selain itu kamu juga dapat menggunakan plugin WordPress SEO untuk mengoptimalkan situs web. 

4. WordPress mudah dikelola

WordPress hadir dengan sistem manajemen bawaan. Faktor ini lah yang memungkinakan kamu untuk memperbarui plugin dan tema dari dalam dasbor admin WordPress. WordPress juga dapat memberitahu ketika ada versi baru yang tersedia, sehingga kamu pun dapat memperbarui situs  hanya dengan mengklik sebuah tombol yang sudah disediakan. 

Kemudian demi melindungi data dari peretasan, kamu dapat dengan mudah menggunakan plugin cadangan WordPress secara otomatis agar bisa memiliki cadangan dan menyimpannya dengan aman di lokasi yang lebih aman. Keuntungannya lainnya, WordPress bisa dikelola saat bepergian hanya dengan menggunakan aplikasi seluler. 

5. WordPress memiliki sistem keamanan yang baik 

WordPress memiliki sistem keamanan yang terjamin, dan telah dianggap sebagai platform yang sangat aman untuk menjalankan situs web. Namun, seperti dunia nyata, internet pun juga bisa menjadi tempat yang tidak pasti. Jadi, demi melindungi situs WordPress, tentu ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan agar lebih aman. 

6. WordPress dapat digunakan untuk berbagai jenis media

WordPress tidak hanya sebatas platform untuk menulis teks. WordPress mendukung situs web berkemampuan Embed yang berarti kamu dapat menyematkan video YouTube, foto Instagram, Tweet, dan audio Soundcloud hanya dengan menempelkan URL di editor posting WordPress.

Jenis file yang bisa disematkan dalam situs WordPress: 

Jadi pada situs WordPress ini kamu dapat mengupload file umum seperti .jpg, .png, .gif .pdf, .doc, .pptx, .mp3, .m4a, .mp4, .mov, .wmv, dan .avi. Selain itu, beberapa jenis file lainnya seperti, .odt, .key, .ogg, dan .3gp masih tetap bisa kamu sematkan dalam postingan WordPress. 

7. WordPress tidak berbayar

WordPress adalah perangkat lunak gratis. Kamu dapat dengan bebas mengunduh, menginstal, menggunakan, dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat situs web apa pun. 

Meskipun perangkat lunak WordPress itu sendiri gratis, kamu tetap harus membutuhkan nama domain dan hosting web untuk menginstalnya. Segera cek hosting promo di DomaiNesia. 

Nama domain adalah alamat situs web di internet. Inilah yang diketik pengguna pada bilah alamat browser mereka untuk mengakses situs web tertentu misalnya seperti domainesia.com. Kemudian untuk hosting web sendiri adalah rumah situs website sebagai tempat semua file disimpan. 

Itulah beberapa alasan kenapa harus memakai WordPress, selain mudah digunakan untuk pemula, keuntungan lain yang kamu dapatkan adalah platform ini tidak berbayar, memiliki sistem keamanan yang baik, serta ramah SEO yang dapat meningkatkan kualitas website. Yuk segera temukan berbagai jenis layanan hosting sesuai kebutuhan website, salah satunya seperti VPS indonesia termurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

text editor terbaik

10+ Rekomendasi Text Editor Terbaik

featured image apa itu data science

Apa itu Data Science? Berikut adalah Pengertian serta Kegunaannya!